Workshop Universitas Pertamina Memotivasi Siswa SMAN 1 Tenjo untuk Belajar Lebih Dalam Tentang Mesin Stirling

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pertamina di SMAN 1 Tenjo. Bogor, 24 September 2019

Bogor–Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina bersama dosen pembimbing yaitu Byan Wahyu Riyandwita, S.T., M.Eng., Ph.D, Dr.Eng.Sri Hastuty, S. T, M. T, M. Eng , dan Sylvia Ayu Pradanawati, Ph.D, bekerjasama dengan Mahasiswa Universiti Teknologi Petronas, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pengenalan mesin stirling ke SMAN 1 Tenjo, Kabupaten Bogor pada Selasa, 24 September 2019.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk workshop dengan mengakat  topik pengaplikasian materi termodinamika terhadap mesin stirling. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya siswa mendapat gambaran utuh mengenai apa yang mereka pelajari melalui praktek maupun eksperimen.

Workshop dibuka oleh dosen pembimbing dengan pemaparan tentang pengenalan mesin stirling. Dilanjutkan dengan penyampaian materi mesin stirling lebih mendalam beserta simulasi uji coba mesin. Pada akhir sesi pemaparan, siswa-siswa diminta untuk merakit mesin stirling sederhana dengan waktu yang disediakan oleh tim sebanyak 60 menit. Peserta yang berhasil menggerakan mesin stiring lebih awal akan mendapatkan reward dari tim UP-UTP.

Suasana workshop mesin stirling Universitas Pertamina. 24 Spetember 2019

Workshop ditutup dengan sesi tanya jawab seputar mesin stirling dan perkuliahan di Universitas Pertamina. Sesi tanya jawab mendapat reaksi postif dari siswa mengingat materi yang disampaikan pada saat workshop sangat relevan dengan mata pelajaran yang  diterima siswa di kelas, yakni termodinamika sederhana. Kegiatan ini secara langsung menambah pengetahuan mereka baik dari teori maupun praktek.

Suasana workshop mesin stirling Universitas Pertamina. 24 Spetember 2019

Kedepannya, Universitas Pertamina akan mengagendakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan lebih luas lagi baik dari segi sasaran kegiatan maupun jenis kegiatan agar banyak masyarakat menerima dampak positif dari kehadiran Universitas Pertamina.

*Uha Julaeha

Contact Appointment