UPbringing PT Pertamina Lubricants : Membangun Loyality Relationship Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Jakarta-Perkembangan teknologi mempengaruhi segala aspek kehidupan bahkan sampai pada bidang transportasi. Misalnya inovasi mobil listrik yang menggunakan energi lebih ramah lingkungan yang bersumber dari  matahari atau baterai. Namun secara bersamaan, fenomena ini menimbulkan kekhawatiran badan usaha komplementer otomotif seperti produsen bahan bakar, produsen pelumas, dan sejenisnya. Sedangkan badan usaha semacam ini tidak dapat serta merta banting stir ke bidang bisnis lain.

Hal ini lah yang melatarbelakangi The UpBringing Session Meet The Expert pada  siang ini, Selasa, 17 September 2019. Sesi kali ini dibawakan langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, bapak Ageng Giriyono dengan topik “Creating Long Term Loyality Relationship”.

Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa Universitas Pertamina berkesempatan menyimak bagaimana strategi PT Pertamina Lubricants dalam menghadapi kemungkinan perubahan pasar.

Suasana seminar The UpBringing Session Meet The Expert dengan topik “Creating Long Term Loyality Relationship”.

PT Pertamina Lubricants adalah anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bidang bisnis pelumasan. Fenomena mobil listrik tidak lantas membuat PT Pertamina Lubricants bertransformasi ke bidang bisnis yang lebih aman. Karena pada kenyataannya, masyarakat Indonesia masih sangat bergantung pada fuel untuk bahan bakar transportasi umum mereka. Sehingga akan sulit beralih ke mobil listrik. Kebutuhan tersebut lah yang dikembangkan oleh PT Pertamina Lubricants. Alih-alih banting stir, market leader produsen pelumas nasional tersebut memilih memaksimalkan distribution channel mereka dengan mengantarkan produk lebih dekat kepada masyarakat. Yaitu mengajak distributor akhir seperti bengkel-bengkel, pengecer umum, maupun masyarakat umum yang tertarik membuka peluang usaha (bermitra) dibidang pelumasan. Mereka berinovasi menggunakan aplikasi “Power” untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

“Aplikasi Power ini dari Pertamina Owner & Mechanics Reward. Kami membuat saluran antara pertamina, distributor atau pengecer, dan konsumen agar dapat berkomunikasi dua arah secara langsung. Termasuk jika ada keluarga atau saudara yang tertarik membuat outlet ditempatnya” ujar pak Ageng.

Langkah ini ditempuh untuk membangun trust (kepercayaan) jangka panjang pada masyarakat secara langsung.

“kalau kita ingin membangun kepercayaan jangka panjang atau yang disebut product live circle, maka harus dilakukan maintenance secara terus menerus” saran pak Ageng disela-sela penutupan seminar.

Penyerahan Plakat dari Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kesiswaan, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra (Kanan) kepada Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Bapak Ageng Giriyono (Kiri)

*Rilis/Uha Julaeha

Baca juga:
Melihat Langsung Isi Laboratorium Riset Milik PT. Pertamina (Persero), Mahasiswa Prodi Kimia UP Mendapat Gambaran Mengenai Prospek Kerja Setelah Lulus

Contact Appointment