UPBringing Prof. Kato Kulas Teknologi UAV untuk Pantau Topografi

Jakarta – Universitas Pertamina kembali menyelenggarakan The UPBringing Session yang terbuka untuk seluruh civitas akademika dengan topik “Investigation of Topographic Chance and Estimation of Sediment Movement on a Tidal Flat using UAV” di Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina Jakarta pada Senin, 16 September 2019. Sesi kali ini mengundang Dr. Eng. Coastal Engineering., Shigeru Kato, profesor ahli dibidang arsitektur dan teknik sipil dari Toyohashi University of Technology (TUT), Jepang.

Suasana Kelas UPbringing Prof Kato di Universitas Pertamina, 14 September 2019

Dalam seminanya Prof. Kato menjelaskan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memantau bentuk permukaan bumi menggunakan metode UAV (Unmaned Aerial Vehicle) atau yang dikenal sebagai drone.

Menurut Fera Dwi Setyani, Dosen Program Studi Teknik Sipil, tujuan dari seminar ini ialah untuk mengetahui teknologi terbaru yang dapat di gunakan dalam melihat perubahan topografi pada area pesisir (tidal flats) menggunakan metode UAV sekaligus mempelajari tentang penyebab dari adanya sedimentasi misalnya angin, gelombang, dan lain hal yang dipelajari dalam mata kuliah Program Studi Teknik Sipil.

UPbringing session kali ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan dan penggunaan teknologi UAV di Jepang yang merupakan negara rawan bencana dapat diaplikasikan di Indonesia.

“Melalui acara ini, Saya harap mahasiswa dapat mengetahui macam-macam driving force dalam proses sedimentasi serta membandingkan penggunaan metode UAV ini berdasarkan kondisi di Jepang dan di Indonesia yakni apabila di Indonesia dilakukan dengan cara pemantauan secara rutin” tambah Fera.

*Uha Julaeha

Contact Appointment