Universitas Pertamina Resmikan Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina sebagai Laboratorium Sosial Mahasiswa

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D, bersama Direktur Penilaian Perusahaan PT. Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat, Direktur PT. Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto. Ketua PT. Pertamina Foundation Wisnuntoro berfoto bersama di depan Galeri Investasi Universitas Petamina pada, Rabu (21/3/18). Foto/HumasUP

JAKARTA- Demi meningkatkan literasi Mahasiswa Universitas Pertamina terhadap dunia pasar modal, Universitas Pertamina berkomitmen menjalin kerjasama penyediaan fasilitas Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina dengan Bursa Efek Indonesia dan PT. Kresna Securitas. Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina yang merupakan laboratorium sosial untuk Mahasiswa Program Studi Ilmu Sosial yakni Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional ini telah resmi dibuka Rabu, tanggal 21 Maret 2018.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D, bersama Direktur Penilaian Perusahaan PT. Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat, Direktur PT. Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto. dan Direktur PT. Pertamina Foundation melakukan peresmian Galeri Investasi secara simbolis dengan pemotongan pita pada, Rabu (21/3/18) di Lobby Gd Griya Legita, Universitas Pertamina. Foto/HumasUP

Sebagai tanda diresmikannya Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina, acara diawali dengan pemotongan pita simbolis dan pembukaan kain penutup neon box yang dilakukan oleh Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D, Direktur Penilaian Perusahaan PT. Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat, dan Direktur PT. Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto. Tak hanya itu, dilakukan pula peninjauan lokasi Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina dengan menyaksikan sistem online AB (membaca harga saham, proses jual/beli, posisi IHSG) dan menyaksikan IDX Channel oleh para undangan seperti, Presiden Direktur PT. Pertamina Foundation, Wisnuntoro, Simson Panjaitan selaku Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi, Budi W. Soetjipto, Ph.D., Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina,  Ir. Sugiyarto, MBA., selaku Sekretaris Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina, Prof. Ir. Suprihanto, Ph.D selaku Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur & Fakultas Teknologi Industri universitas Pertamina, Prof. Dr. Rer. Nat. Awali Priyono selaku Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi & Fakultas Sains dan Komputer Universitas Pertamina.

Direktur PT. Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto menjelaskan program Galeri Investasi kepada para pejabat di lingkungan Universitas Pertamina. Foto/HumasUP

“Adanya Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina dimaksudkan sebagai laboratorium sosial yang akan mengantarkan Mahasiswa Universitas Pertamina kedunia kerja nyata dan wadah pembentukan karakter mahasiswa yang melek dunia bisnis teknologi,” ujar Prof. Akhmaloka Ph.D selaku Rektor Universitas Pertamina pada sambutan di rangkaian peresmian Galeri Investasi BEI dan perkuliahan umum pasar modal. Menyambung sambutan yang disampaikan oleh Prof. Akhmaloka, Octavianus Budiyanto selaku Direktur PT. Kesna Sekuritas juga menuturkan bahwa alasan adanya kerjasama antara PT. Kresna Securitas dengan perguruan tinggi seperti Universitas Pertamina adalah bentuk pemajuan perekonomian dan industri di Indonesia dengan mengandalkan peningkatan kemajuan teknologi dan demografi kalangan milenial. Senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Samsul Hidayat selaku Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia bahwa adanya Galeri Investasi BEI di Universitas Pertamina sebagai praktik nyata aktivitas di pasar modal demi menciptakan pengusaha – pengusaha militan dimasa depan.

Acara dilanjutkan pada sesi inti perkuliahan umum pasar modal yang dimoderatori oleh Rezqi Ananda Basid, S.E,MBA, selaku Ketua Pengurus Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina. Perkuliahan umum pasar modal diisi oleh Direktur Penilaian Perusahaan PT. Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat dan Henry Wijaya dari PT. Kresna Securitas. Pada kuliah umum ini Samsul Hidayat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai investasi di pasar modal Indonesia. Menurut Samsul Hidayat, pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia pada tahun 2012 hingga 2017 sebesar 7,1 per tahun sejalan dengan pertumbuhan aktivitas transaksi Indonesia padsa rentang waktu yang sama sebesar 3,5 triliun. Hal tersebut dapat diartikan bahwa Indonesia memiliki pertumbuhan dan stabilitas yang baik pada pasar modal. Kemudian Samsul Hidayat juga menambahkan bahwa pergerakan bursa saham didasari pada faktor makro (stabilitas rupiah negara, tingkat inflasi, fiskal serta faktor fundamental negara). Pada pembahasan lain, Henry Wijaya dari PT. Kresna Securitas memberikan materi mengenai kemudahan investasi saham untuk mahasiswa. Hanya dengan uang sebesar Rp. 100.000,00, mahasiswa dapat membeli instrumen saham dengan karakteristik yang sesuai pada risiko. Tak hanya itu,  dengan kecanggihan teknologi kemudahan investasi juga dapat dirasakan oleh mahasiswa karena informasi pasar modal sudah dapat diakses dimanapun.

Diresmikannya Galeri Investasi BEI Universitas Pertamina diharapkan mampu memberikan sosialisasi dan kompetisi virtual pergerakan saham dikalangan Mahasiswa Universitas Pertamina. Kemudian, Mahasiswa Universitas Pertamina juga diharapkan mampu membaca perkembangan tren ekonomi, bisnis, sosial, maupun regulasi pemerintah yang berdampak pada pergerakan naik turunnya saham. Selain itu, Mahasiswa Universitas Pertamina diharapkan memiliki pemahaman dan pengalaman mengenai seluk beluk bursa saham maupun instrumen saham yang sudah ditanamkan sejak masa kuliah, sehingga lulusan Universitas Pertamina memiliki bekal kemampuan investasi yang handal. (VP)

Contact Appointment