Universitas Pertamina Jembatani Kerjasama PT Pertamina (Persero) dengan 5 Politeknik Untuk Menyediakan SDM Berkarakter Kuat dan Unggul

Jakarta-PT Pertamina  (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  di sektor energi memiliki tugas dan amanah dari pemerintah untuk menjaga ketahanan dan kedaulatan energi nasional. Untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk menjalankan proses bisnis, termasuk di kilang Pertamina.

Sehubungan dengan itu, PT Pertamina (Persero) melakukan kerja sama dengan lima politeknik untuk mengembangkan pendidikan vokasi untuk memenuhi kebutuhan SDM di proyek kilang Pertamina. Penandatanganan kesepakatan tersebut digelar di Ruang Pertamax Lantai 21 Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina pada 4 Desember 2019.

Institusi pendidikan yang turut dalam perjanjian kerjasama tersebut diantaranya STT Migas Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Cilacap, dan Akamigas Balongan.

Koeshartanto selaku Direktur SDM PT Pertamina (Persero) menyampaikan bahwa mewujudkan cita-cita besar memerlukan sumber daya manusia yang memiliki karakter kuat dan unggul.  “Melalui Universitas Pertamina, kerja sama dilakukan untuk menyiapkan kebutuhan SDM untuk persiapan berdirinya kilang hingga pengoperasian kilang Pertamina,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Budi W. Soetjipto, Ph.D. selaku Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina menyampaikan bahwa keterlibatan Universitas Pertamina pada kerjasama ini sesuai dengan perwujudan salah satu misi Universitas Pertamina, yaitu “berkontribusi pada peradaban dunia melalui pengembangan keilmuan dan penelitian di bidang Bisnis dan Teknologi Energi”. “Universitas Pertamina mengawali jalan baru untuk menyiapkan sumber daya manusia ber kualitas dengan menjadi jembatan antara PT Pertamina (Persero) dan sejumlah politeknik di bidang energi. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Universitas Pertamina untuk memastikan ketahanan dan kedaulatan energi nasional yang diawali oleh anak bangsa yang kompeten serta memiliki karakter kuat,” tutupnya.

Contact Appointment