Prodi Teknik Mesin menjadi Mitra Penyelenggara Konferensi FEOFS 2018 (Fracture and Strength of Solids)

Yogyakarta РUniversitas Pertamina melalui Program Studi Teknik Mesin menjadi mitra penyelenggara konferensi internasional dalam bidang Patahan dan kekuatan padatan (Fracture and strength of solids) ke-11 yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), ITB. Konferensi yang dihadiri oleh anggota oleh Far East and Oceanic Fracture Soceity (FEOFS) ini mengangkat topik tentang Fraktur dan Kekuatan Padat (Fracture and Strength of Solids). Konferensi yang diselenggarakan pada 26 Р29 Agustus 2018 di Yogyakarta terdiri dari sesi penyampaian materi oleh keynote speaker, sesi paralel pemaparan hasil penelitian oleh para akademisi dan peneliti, serta sesi pendampingan (coaching) untuk publikasi hasil penelitian.

Konferensi ini merupakan rangkaian dari penyelenggaran konferensi sebelumnya yang telah sukses diselenggarakan di Singapura (1991), X’ian (1994), Hong Kong (1997), Pohang (2000), Sendai (2003), Bali (2005), Xinjiang ( 2007), Kuala Lumpur (2010), Pulau Jeju (2013), Tokyo (2016). Tahun ini FEOFS mengangkat topik fracture dan strength of solid, yang meliputi mekanisme fatigue dan fracture, impact dan creep, analisis kegagalan dan aplikasi industri, smart and advanced material, metode komputasi dan pemodelan, serta biomekanika.

FEOFS2018 diselenggarakan untuk mempertemukan akademisi, para profesional dan peneliti dalam rangka mempresentasikan penemuan dan teknologi terkini dalam bidang patahan dan kekuatan padatan (fracture and strength of solids). Konferensi ini juga bertujuan untuk meningkatkan jenjang kolaborasi dan pertukaran ide dan teknologi terkini dibidang fracture and strength of solids diantara para peserta.

Prodi Teknik Mesin tidak hanya berperan sebagai organizing committee, namun juga menyampaikan hasil penelitian. 4 Dosen Prodi teknik mesin (Yudi Rahmawan, Ph.D., Khusnun Widiyati, Ph.D., Dr. Eng. Purwo Kadarno, dan Dr. Eng. Sri Hastuty) turut berpartisipasi untuk menyampaikan hasil penelitian dalam topik material, analisis kegagalan dan pemodelan struktur. Dengan adanya konferensi ini, para akademisi, peneliti dan praktisi dapat saling bertukar ide, dan memberikan masukan mengenai peneltian yang sedang dilakukan agar kualitas dan manfaat hasil penelitian dapat ditingkatkan. (IH/KW)

Contact Appointment