Pengabdian Kepada Masyarakat: Universitas Pertamina Go-Prove !

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Go-Prove Universitas Pertamina

Jakarta-Program Studi Hubungan Internasional, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil Universitas Pertamina bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Kemangsteer Jakarta dan Climate Institute, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penanaman mangrove di kawasan Rusunawa Marunda, Jakarta Utara pada Sabtu, 14 September 2019. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dinamakan “Go-Prove (Go Plant Mangrove)”.

Sesi Pelepasan tim Pengabdian Masyarakat Go Prove Universitas Pertamina, 14 September 2019

Go-Prove merupakan bentuk kerja nyata untuk secara langsung berinteraksi dengan masyarakat dan mengamalkan ilmu dari sivitas akademika Universitas Pertamina. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan merujuk pada upaya untuk mendukung realisasi Sustainable Development Goals (SDG). Selain itu, terdapat fakta lapangan bahwa kerusakan hutan mangrove sebesar 6% dari total kerusakan hutan yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, kegiatan ini disusun dengan tujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya hutan mangrove bagi masyarakat pesisir dan melakukan penanaman kembali mangrove sebanyak 250 bibit.

Baca Juga:

Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Insinyur Indonesia Melalui Sertifikasi Profesi

 

Acara dimulai dengan penyuluhan oleh dosen Teknik Sipil Universitas Pertamina, Fera Setyani, M.T yang memaparkan tentang potensi pantai dan laut Indonesia serta fungsi dari Mangrove. Penyuluhan dilanjutkan dengan pemaparan dari perwakilan Climate Institute, Aditya Laene, M.Si., tentang bagaimana pelestarian mangrove dapat membantu memperkuat komitmen Indonesia dalam perjanjian internasional di bidang lingkungan, Paris Agreement.

Setelah pemaparan, seluruh peserta kegiatan langsung melakukan penanaman mangrove yang di blok B, Rusunawa Marunda dan berhadapan langsung dengan pantai utara Jakarta. Peserta kegiatan ini adalah dosen Hubungan Internasional, Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil, Mahasiswa Hubungan Internasional dan Teknik Lingkungan, Kemangsteer Jakarta serta warga setempat.

Hasil Mangrove yang selesai ditanam

Proses penanaman mangrove

Kegiatan Go-Prove mendapat sambutan baik dari masyarakat Rusunawa Marunda. Warga berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan membuat masyarakat pesisir dapat menjadi lebih berdaya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Contact Appointment