Tingkatkan Peran Dosen Konselor, Bimbingan Konseling Universitas Pertamina Selenggarakan Pelatihan

Jakarta – Sebagai sarana pendukung untuk memberikan dukungan moril atau psikologis, Bimbingan Konseling dianggap dapat  menjadi wadah untuk memfasilitasi para mahasiswa dan sivitas academika dalam menaungi berbagai permasalahan termasuk persoalan sensitif yang dihadapi para mahasiswa dan sivitas academika.

Bernaung di bawah Fungsi Pelayanan Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Fungsi Bimbingan Konseling Universitas Pertamina senantiasa melakukan pelatihan secara berkala bagi para dosen konselor untuk menunjang kualitas layanan Bimbingan Konseling di Universitas Pertamina, salah satunya dengan mengadakan pelatihan dosen konselor yang dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Maret 2019 yang diikuti oleh 17 Dosen Universitas Pertamina yang terdiri dari dosen konselor dan diluar dosen konselor.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para konselor mengenai metode komunikasi dan konseling yang tepat serta strategi menghadapi permasalahan yang dihadapi. Menghadirkan Amy Mardhatillah, PhD (Wakil Dekan dari Fakultas Psikologi salah satu universitas swasta di Jakarta) sebagai narasumber, Amy menuturkan untuk melakukan konseling yang baik, seorang konselor dihimbau untuk melakukan pendekatan psikologi positif yang berarti konselor harus memahami arti dari attending, empathy, dan affirmation. Dalam kegiatan tersebut, terdapat simulasi bersama dengan dengan beberapa Dosen yg berperan sebagai Mahasiswa (konseli) & Konselor.

Nurscechafia, M.Ec selaku Asisten Manajer Pelayanan Umum Mahasiswa dan Dosen Ekonomi Universitas Pertamina mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para konselor dapat mengetahui lebih lanjut mengenai permasalahan yang dihadapi dan menemukan strategi efektif. Kedepan Fungsi Bimbingan Konseling sedang mempersiapkan Konselor Sebayar bagi mahasiswa UP.