Tingkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa, UKM Riset dan Karya Tulis Ilmiah “Heuri Cosmos” Gelar Workshop and Public Speaking Competition

Jakarta – Kemampuan beretorika di hadapan publik menjadi kompetensi wajib yang harus dikuasai oleh semua orang dari segala bidang keahlian. Tidak jarang, kemampuan public speaking disyaratkan oleh berbagai perusahaan kepada para pelamar untuk berbagai posisi pekerjaan. Dalam menghadapi persaingan di era globalisasi ditengah derasnya gempuran tenaga kerja asing terampil, kemampuan public speaking tidak hanya berguna untuk menyampaikan pendapat dan hasil kerja, tetapi juga sebagai aset untuk dapat menjalin koneksi dan relasi sebanyak mungkin.

Guna melatih dan meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Riset dan Karya Ilmiah “Heuri Cosmos” Universitas Pertamina melaksanakan workshop dan lomba public speakingDeliver Your Idea!” pada Hari Sabtu, 30 Maret 2019 di Gedung Griya Legita Universitas Pertamina. Kegiatan yang bertemakan agent of change ini turut mengundang Brandon Halim yang merupakan Founder and Speaker TEDx Universitas Atma Jaya Jakarta sebagai pembicara.

Acara diawali dengan sambutan dari pembina UKM Riset dan Karya Ilmiah “Heuri Cosmos” Universitas Pertamina, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Brandon Halim. Menurut Brandon, public speaking adalah transfering idea kepada orang lain. Terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam transfering idea, yakni: melihat posisi orang yang diajak berbicara (audience) dan membawa audience untuk ikut dalam perjalan cerita yang telah disampaikan.

Brandon juga memaparkan bahwa setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang public speaker, yakni: kepercayaan kepada diri sendiri, tidak takut gagal, dan keyakinan bahwa semua orang adalah public speaker. “Semua orang terlahir dengan kemampuan public speaking, hanya saja kita belum menjadi apa yang kita mau. Hidup itu terbentuk dari jalur hidup.” Imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba public speaking untuk Mahasiswa Universitas Pertamina. Terpilih lima finalis dari berbagai program studi yang telah mengunggah video tentang gagasannya mereka melalui media sosial. Kelima mahasiswa tersebut adalah: 1) Amri Mohammad Rizaldy (Program Studi Teknik Logistik); 2) Muh. Kholil Mahfudh (Program Studi Teknik Geofisika); 3) A. A. Gd. Bagus Mahendra (Program Studi Kimia); 4) Faisal Aji Setiawan (Program Studi Hubungan Internasional); dan 5) Rafli Izzulhaq (Program Studi Komunikasi). Berdasarkan hasil keputusan para dewan juri yakni Brandon Halim dan Wakil Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc, diperoleh 3 juara utama yang terdiri dari Amri Mohammad Rizaldy, Faisal Aji Setiawan, dan A. A. Gd. Bagus Mahendra.

Dr. Dina Nurul Fitria, S.E, M.T., selaku pembina UKM Riset dan Karya Ilmiah “Heuri Cosmos” Universitas Pertamina berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk melatih public speaking Mahasiswa Universitas Pertamina dalam menyampaikan ide, gasasan, dan penelitian. Dina juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia kegiatan dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Brandon untuk menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. “Melalui komunikasi yang baik, saya berharap kedepannya akan ada tindak lanjut dari acara ini, misalnya kunjungan Mahasiswa Universitas Pertamina ke TEDx UAJ atau penyelenggaraan acara gabungan. Saya juga mengucapkan selamat berjuang kepada lima peserta terpilih dari Universitas Pertamina yang akan mewakili 15 program studi di bidang sains dan sosial dalam Public Speaking Competition.” Ungkap Dina.