Tingkatkan Kemampuan Berwirausaha, Program Studi Manajemen Universitas Petamina gelar Kuliah Tamu Kewirausahaan

Jakarta –  Seiring dengan persaingan global yang semakin kompetitif, perguruan tinggi dituntut untuk dapat menyiapkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan agar dapat menciptakan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, serta bermanfaat bagi orang lain. Guna meningkatkan kemampuan berwirausaha pada calon lulusan, Universitas Pertamina melalui Program Studi Manajemen Universitas Pertamina mengundang CEO Bebek Dower, Doni Tirtana, untuk hadir mengisi kuliah tamu kewirausahaan yang diadakan pada hari Selasa, 12 Maret 2019 di Auditorium Lantai 3, Gedung Griya Legita.

Bebek Dower merupakan usaha kuliner yang bergerak pada makanan olahan yang terbuat dari daging bebek yang didirikan oleh PT Bintang Rayya Pangan Lestari. Bebek Dower mulai berdiri pada tanggal 15 Desember 2011, dan telah memiliki lebih dari 23 cabang restoran, mobile FoodTruck, dan mulai merambah bisnis retail melalui produk frozen food Bebek Dower Instan.

Mengusung tema “Menciptakan Kehidupan yang Lebih Baik dengan Berwirausaha” Doni Tirtana, selaku CEO Bebek Dower membagikan pengalaman, tips dan triknya dalam memulai usaha. Menurut Doni, sebelum memulai usaha baru, seseorang perlu menjawab lima pertanyaan penting seputar wirausaha kepada para Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pertamina Angkatan 2016; faktor yang melatarbelakangi seseorang berwirausaha, alasan untuk berwirausaha, cara melakukan wirausaha, suka dan duka menjadi wirausaha.

Doni menjelaskan sebelum memulai usaha, seseorang harus memiliki faktor yang mendasari alasan usaha perlu diciptakan. Faktor ini bisa timbul dari keadaan internal seperti menyelesaikan masalah pribadi misal masalah keuangan dan faktor eksternal yang terkait dengan manfaat yang dapat diberikan untuk orang lain atau lingkungan.  Selain hal tersebut, Doni mempaarkan dua alasan seseorang melakukan wirausaha, yang pertama sebagai konsep untuk menambah pendapatan dan kedua adalah mereka yang ingin merubah pola pikir.

Lebih lanjut, Doni menuturkan tidak ada waktu yang tepat untuk memulai wirausaha selain saat ini atau sekarang “menurut saya, waktu yang tepat untuk memulai wirausaha adalah sekarang atau saat ini. Karena sekarang atau nanti itu hal yang sama, kegagalan pasti akan terjadi, jadi jangan ditunda- tunda tapi dihadapi,” ujar Doni.  Untuk menciptakan wirausaha, seseorang dapat memulai dari niat dan komitmen. Niat dan komitmen yang teguh akan membekali calon wirausaha agar tidak pantang menyerah menghadapi kegagalan. Menurut Doni, proses berwirausaha akan melahirkan banyak pengalaman serta tantangan. “Suka jika seorang wirausaha dapat melampaui target yang diinginkan dan loyalitas konsumen tinggi. Namun, duka jika seorang wirausaha dihadapkan pada keadaan yang tidak diinginkan, seperti ditinggalkan pemasok, produk tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, serta tidak dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Melalui kegiatan kuliah tamu ini, diharapkan dapat menciptakan minat dan memfasilitasi bakat berwirausaha yang dimiliki Mahaiswa/i Universitas Pertamina. Selain itu, kegiatan kuliah tamu ini juga diharapkan mampu menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang dapat menyelesaian permasalahan ekonomi serta mampu menciptakan wirausaha muda yang bermanfaat bagi lingkungan, bangsa, dan negara.