Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina Raih Juara Pertama dalam Ajang GTA 2019

Jakarta— Tim mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina Angkatan Tahun 2017 berhasil meraih juara pertama pada kategori paper competition dalam kompetesi Geology Total Action (GTA) 2019 yang berlangsung pada tanggal 21-23 November 2019 di Yogyakarta.

Geology Total Action (GTA) merupakan ajang kompetisi tahunan dari UPN “Veteran” Yogyakarta. Tema yang diusung pada tahun 2019 yaitu “Effective Management for Geological Disasters“. Kategori yang dilombakan berupa earth sciences competition untuk jenjang pelajar Sekolah Menengah Atas, sedangkan untuk jenjang mahasiswa berupa case study, paper competition, poster competition, dan kompetisi fotografi.

Tim dari Universitas Pertamina yang beranggotakan Tunggul Mirza Pratama, Saviska, dan Yan Satriyo mengikuti ajang lomba paper competition dengan judul penelitian “Pemetaan Risiko Likuifaksi  dengan  Metode  Analytical  Hierarchy Process  di Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya “.

Penelitian tersebut dapat digunakan untuk menentukan daerah risiko likuifaksi sehingga dapat menjadi dasar pengukuran daerah mana yang baik untuk dibangun sarana yang akan digunakan pada jangka panjang. Atas penelitian tersebut, tim dari Universitas Pertamina berhasil meraih juara pertama. Sedangkan juara kedua diraih oleh tim dari Institut Teknologi Bandung dan juara ketiga diraih oleh tim dari UPN “Veteran” Yogyakarta.

Wahyuningrum Angesti Lestari, M.Sc , Ketua Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina,  menyambut baik prestasi yang berhasil diperoleh mahasiswanya, “Penelitian ini merupakan salah satu komitmen program studi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Pertamina. Diharapkan hasil penelitian mahasiswa yang juga dibimbing oleh dosen ini dapat menjadi salah satu masukan dalam penentuan daerah resiko bencana likuifaksi serta langkah efektif mitigasinya pada daerah yang rawan terdampak bencana tersebut” ujarnya.

Contact Appointment