Tim Mahasiswa Prodi Teknik Geofisika Raih Juara Pertama Ajang MAHAKAM FISIKA 2020

Jakarta—Tim mahasiswa Program Studi Teknik Geofisika Angkatan 2017 Univeritas Pertamina berhasil meraih Juara Pertama pada ajang MAHAKAM FISIKA 2020. Tim terdiri dari Erwin Fernanda, M Aldi, dan Rama Rahmadino.

MAHAKAM FISIKA 2020 merupakan kompetisi keilmiahan yang diselenggarakan oleh Universitas Mulawarman. Perlombaan ini terdiri dari dua kategori. Salah satunya ialah kategori lomba Geodesign yang diikuti oleh tim Universitas Pertamina.

Tim mengusung judul karya “Pemetaan Kerentanan dan Resiko Tanah Longsor Berbasis Machine Learning Menggunakan Sistem Pythoning : Sebagai Upaya Untuk Mitigasi Awal di Daerah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur”. Topik yang dibawakani merupakan implementasi dari mata kuliah metode komputasi dan Kapita Selekta untuk pembelajaran mesin.

Dengan ide tersebut, tim berhasil masuk ke tahap final dan berhasil meraih Juara Pertama. Juara Kedua sendiri diraih oleh Universitas Mulawarman dan Juara Ketiga diraih oleh Universitas Hasanuddin.

Rama selaku ketua tim menyampaikan bahwa mengikuti lomba secara daring pada saat COVID-19 memiliki tantangannya tersendiri. Misalnya terkendala jaringan saat berdiskusi, waktu kosong yang berbeda, dan lainnya. Rama juga menambahkan bahwa ada sisi positif  dengan mengikuti lomba secara daring.

“Postifinya, kami dapat mengikuti seluruh event yang ada di Indonesia. Karena terkadang, banyak kompetisi luring yang menarik tetapi lokasinya sangat jauh atau mungkin beda pulau. sehingga Mau tidak mau kita membatalkannya karena faktor biaya” tutup Rama.

Semoga memotifasi mahasiswa Universitas Pertamina yang lain!

 

//Uha

Contact Appointment