Tiga Tim Mahasiswa Universitas Pertamina Borong Tiga Juara Besar LCC 2020 Di Tengah Pelaksanaan UTS

Jakarta – Universias Pertamina mendapat kabar gembira dari Program Studi (Prodi) Teknik Logistik. Tiga tim Prodi Teknik Logistik berhasil menyapu bersih tiga juara besar pada kompetisi Logistics Case Competition (LCC) 2020 pada Minggu, 19 April 2020. Mereka berhasil mengalahkan 7 finalis lainnya yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Mercubuana, Universitas Bung Hatta, dan Politeknik Pos Indonesia.

LCC merupakan ajang perlombaan dalam bidang produksi dan operasi aplikatif yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Kompetisi tersebut membahas cara menanggulangi permasalahan kasus untuk sektor pertanian mulai dari jalur distribusi, teknologi yang dibutuhkan serta penanganan produk pertanian dengan model bisnis e-commerce. Perlombaan yang tahun ini memasuki kali ke lima ini diselengarakan sejak tanggal 27 Januari 2020 hingga 19 April 2020 dengan tema “Be the Outstanding Generation to Solve Logistical Problem in Millenials Era”.

Sebelumnya, ketiga tim dari Universitas Pertamina telah mengirim paper penelitian mereka dan dinyatakan lolos sebagai finalis 10 besar. Kemudian tim harus mempresentasikan ide mereka di IPB. Namun karena kondisi pandemi COVID-19 yang sedang melanda, para finalis diharuskan membuat video yang menjelaskan ide mereka dan kemudian diunggah oleh panitia ke YouTube.

Atas inovasi yang mereka buat, ketiga tim dari Universitas Pertamina berhasil memborog juara pertama, kedua dan ketiga pada kompetisi tersebut. Ketiga prestasi tersebut diukir oleh: 1) Tim Krambil Sinergi dengan anggota:  Zahra S. (2017), M. Fajril A. (2017), dan Fiki R. M (2017), yang meraih Juara Pertama; 2) Tim Kunang-kunang dengan anggota: Sisilia R. W (2017), M. A. Budi S. (2017), dan Bregin F. B (2017), yang meraih Juara Kedua; 3) Tim Fresh Log dengan anggota:  Dian P. R (2018), M. Aqsha (2018), dan Millenia S. A (2018), yang meraih Juara Ketiga.

Fajril yang mewakili seluruh tim menyampaikan bahwa mengikuti kompetisi ini merupakan sebuah dilema bagi mereka. Pasalnya, saat itu mereka tengah dihadapkan pada masa Ujian Tengah Semester (UTS). “Saya ingat waktu itu segala persiapan dilakukan di masa-masa UTS. Jadi, kebayang rasanya lomba sambil belajar UTS. Agak sedikit overload tapi tetap mengasyikkan. Setiap selepas ujian, kami berdiskusi di perpustakaan.” Tuturnya.

Rahmad Inca Liperda, S.T., M.Eng. selaku Pembina Kemahasiswaan Prodi Teknik Logistik Universitas Pertamina turut bangga atas perjuangan para mahasiwa tersebut. Pasalnya beliau mengikuti sepak terjang ketiga tim mahasiswa. “Prestasi ini patut diacungi Jempol. Mereka mendapat dua tantangan yang harus diselesaikan secara bersamaan. Dan hebatnya, berhasil meraih juara pertama, kedua, dan ketiga. Semoga dapat menginspirasi mahasiswa lainnya,tutupnya.

Simak juga video dari rekan-rekan juara melalui tautan berikut:
1) Tim Krambil Sinergi
2) Tim Kunang-kunang
3) Tim Fresh Log

*Uha

Contact Appointment