The UPbringing Session, Meet The Experts – Leading Virtually: Tips and Tricks to Lead Successfully in Times of Pandemic

Jakarta-Saat ini, khususnya di Indonesia, sengah mengalami transisi dari Work From Office (WFO) menjadi Work From Home (WFH) sebagai salah satu cara untuk mencegah rantai penyebaran COVID-19 lebih luas lagi.Tentunya, cara kerja pada saat tatap muka menjadi virtual akan berbeda. Kendala yang muncul ialah setiap orang memiliki respon berbeda menghadapi pandemic ini. Sehinga harus punya sikap yang tepat untuk membuat ide baru. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi para leader sebagai pihak pengambil keputusan. Lalu, bagaimana skill leadership dapat bekerja secara maksimal pada transisi virtual ini? Fenomena inilah yang melatarbelakangi Universitas Pertamina menyelenggarakan Webinar “The UPbringing Session, Meet The Experts – Leading Virtually: Tips and Tricks to Lead Successfully in Times of Pandemic” pada 7 Oktober 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom.

Webinar ini mengundang dua narasumber experts, diantaranya: Roy Sangkilawang selaku Managing Partner PT Momenta dan Hudi Suryodipuro sebagai Kepala Divisi SDM SKK Migas. Acara sendiri dibuka oleh Budi W. Soetjipto, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina.

Tiap individu memiliki kecepatan berbeda dalam mencerna informasi, sehingga memberikan informasi tepat waktu kepada pegawai menjadi salah satu cara awal yang dapat ditempuh agar anggota tim menyiapkan diri untuk kebutuhan bekerja ke depan. Cara memimpin sebelum pandemi tidak bisa lagi digunakan pada saat ini.   Untuk menghindari langkah kerja yang salah, terlebih pada pekerjaan yang tidak terlihat seolah tidak memiliki progres, leader dapat mengimplementasikan teknologi dengan tujuan yang jelas. Hal ini agar kerja tim lebih efisien dan punya target jelas sesuai dengan tujuan akhir tim (visi). Leader juga harus mendekatkan diri lebih erat (bonding) dengan anggota tim meski hanya percakapan kecil. Memiliki Komunikasi yang baik juga membawa dampak positif untuk meningkatkan kepercayaan anggota tim kepada leader. Kemudian, leader dapat merinci (elaborate) tipe kerja pegawai untuk mengetahui potensi mereka sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Webinar ini dapat disimak melalui channel youtube Universitas Pertamina di sini

//Uha

Contact Appointment