A. DEBAT ILMIAH

UKM Debat Ilmiah didirikan dengan semangat untuk mewadahi mahasiswa Universitas Pertamina yang tertarik untuk mendiskusikan berbagai macam isu melalui sudut pandang berbeda-beda tanpa menjatuhkan satu dengan yang lain dan dengan bukti dan argumen yang logis dan sistematis. Di UKM ini kalian akan diperkenalkan dengan tiga sub kegiatan yaitu:
• Debat dan Tata Caranya
Di dalam sub kegiatan ini kalian akan diperkenalkan dengan tata cara perdebatan ilmiah yang sering kali digunakan di dalam kompetisi nasional maupun internasional.
• Pidato dan Retorika
Di kegiatan ini kalian akan diajarkan bagaimana menyusun dan membawakan pidato atau retorika yang baik. Hal ini berkaitan erat dengan cara penyampaian argumen di dalam kegiatan Debat Ilmiah.
• Dasar-dasar Logika dan Berpikir Kritis
UKM Debat Ilmiah akan mengenalkan bagimana kemampuan berpikir kritis dan logis dapat kalian manfaatkan saat kalian harus menyusun argumen-argumen kalian di dalam Debat Ilmiah. Jadi tunggu apalagi? Segeralah bergabung dengan kami di UKM Debat Ilmiah Universitas Pertamina.
“Don’t Raise Your Voice, Improve Your Argument.”

B. KEWIRAUSAHAAN

UKM Kewirausahaan di Univeritas Pertamina merupakan suatuunit kemahasiswaan yang bertujuan untuk mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa untuk belajar memulai hingga mengembangkan bisnis sejak dini. Aktivitas yang dilakukan dalam unit kegiatan ini terdiri atas pengenalan bisnis berupa sharing dengan pengusaha sukses maupun kunjungan ke perusahaan, program magang di koperasi mahasiswa, pelatihan pembuatan dan pengembangan bisnis, hingga advokasi terkait kegiatan kewirausahaan civitas akademik Universitas Pertamina.

C. ENGLISH CLUB

English Club adalah sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat serta menambah pengetahuan di bidang Bahasa inggris. Tujuan didirikannya UKM English Club adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Beberapa kegiatan yang dapat mendukung tercapainya tujuan berdirinya UKM ini adalah antara lain public speaking, storytelling, English speech, News Casting serta kegiatan-kegiatan lainnya.

D. KORPS SUKA RELA (KSR)

“Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR.”–www.pmi.or.id
Secara umum, kegiatan yang dimiliki KSR adalah kegiatan kepalangmerahan. Di antaranya, pelatihan tingkat dasar, tingkat lanjutan, dan spesialisasi seperti satuan tanggap bencana (satgana) sebagai pondasi pelaksanaan kegiatan pertolongan/bantuan dalam kesatuan unit terorganisasi di bidang Penanggulangan Bencana serta Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat. Kegiatan-kegiatan lainnya meliputi penyelenggaraan kegiatan donor darah sukarela, pertolongan
pertama pada kecelakaan dan bencana, pelayanan pada program berbasis masyarakat.

E. PECINTA ALAM

Pecinta alam adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa denganjenis kegiatan yang dilakukan di alam bebas. Perwujudan dari kegiatan UKM ini tidak hanya terfokus menjelajahi alam dan berpetualang, tetapi juga dalam hal merawat alam itu sendiri. Kegiatan menjelajah alam meliputi pendakian gunung, panjat tebing, selusur goa, dan rapling. Reboisasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup juga akan dicanangkan dalam kegiatan unit Pecinta Alam. Alam mengajarkan kita banyak hal, sehingga, melalui kegiatan pecinta alam, karakter dapat terbentuk dengan baik.

F. RISET ILMIAH

Unit Riset Ilmiah terbuka untuk mahasiswa yang memilikikeinginan untuk mengimplementasikan keilmuannya dalam menciptakan suatu karya dan meningkatkan wawasan. Kegiatan pada unit ini meliputi pelatihan untuk mengikuti PIMNAS dan olimpiade sains tingkat perguruan tinggi, penguasan teknik-teknik penelitian, lomba-lomba skala nasional dan internasional, penulisan ilmiah, serta kegiatan penelitian sederhana untuk mahasiswa.

G. ROBOTIKA

UKM Robotika merupakan sebuah wadah kegiatan bagi mahasiswa Universitas Pertamina yang memiliki minat dalam bidang desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi robot.
Robotika meliputi berbagai macam cabang ilmu, antara lain elektronika, mesin, mekanika, aerodinamika dan perangkat lunak komputer. Berbagai kegiatan yang akan diadakan diantaranya adalah workshop robotik, diskusi serta pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan tentang perkembangan teknologi robotika. Melalui UKM Robotika ini diharapkan mahasiswa dapat berpartisipasi dalam berbagai ajang perlombaan robotik baik pada tingkat nasional atau internasional.