A. KEROHANIAN ISLAM

UKM Kerohanian Islam di Universitas Pertamina merupakan wadah aktivitas kemahasiswaan dalam pengembangan kerohanian Islam di lingkungan kampus dan civitas akademika. UKM Kerohanian Islam memfasilitasi berbagai kegiatan pembinaan kampus dan sarana belajar yang berfokus pada nilai-nilai Islam. Program unggulan yang akan dilakukan berupa pengajian rutin, outbond bersama, kegiatan sosial, dan kajian Islam ilmiah lainnya yang mencakup Hukum Islam, Ekonomi Islam, dan Kajian Muslimah. Dengan adanya partisipasi aktif yang diberikan, mahasiswa diharapkan mampu meningkatan kemampuan manajemen, kepemimpinan dan prestasi akademik yang lebih baik.

B. KEROHANIAN HINDU

Unit Kerohanian Hindu bertujuan untuk mengasah kecerdasan emosional dan spiritual yang yang baik disamping mengajarkan kecerdasan akademik yang diajarkan dalam kegiatan kurikuler. Kegiatan – kegiatan dalam unit ini mencakup pendalaman kerohanian Hindu, persembahyangan di Pura bersama, perayaan hari besar keagamaan hingga konseling dan diskusi penyelesaian masalah mahasiswa menggunakan pendekatan keagamaan. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat mendukung performa mahasiswa dalam mencapai kesuksesan dalam studinya serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi lingkungan sekitarnya.

C.KEROHANIAN BUDHA

Unit Kerohanian Buddha Universitas Pertamina merupakan tempat bagi mahasiswa Buddha untuk berkumpul dan belajar dalam berorganisasi dan menjalankan kegiatan keagamaan.Unit kegiatan ini memegang erat asas kekeluargaan. Rancangan kegiatan yang dilaksanakan tanpa memandang aliran dan sekte tertentu. Di unit kerohanian ini, kita akan berlatih hidup berkesadaran sebagai individu, dan masyarakat yang berguna bagi keluarga, almamater, bangsa, dan dunia.

D. KEROHANIAN KATOLIK

Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Pertamina merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang kerohanian iman Katolik dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Maka dari itu, dengan terbentuknya KMK ini mahasiswa katolik diharapkan memiliki tempat untuk memenuhi kebutuhan sosial dan kebutuhan rohani, dengan membangun persaudaraan sejati dan terlibat dalam pelayanan kasih di tengah masyarakat
universitas maupun masyarakat non universitas. Mahasiswa Katolik Universitas Pertamina diharapkan akan menjadi pribadi muda yang jujur dan setia dalam iman, serta bisa menjadi kaum muda yang berguna bagi keluarga, masyarakat dan negara.

E. KEROHANIAN PROTESTAN

Untuk menjadi seorang mahasiswa yang unggul tidak hanya diperlukan kemampuan akademik yang baik, namun juga diperlukan kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Unit Kerohanian Kristen Protestan dibentuk untuk membina serta lebih meningkatkan iman spiritual mahasiswa Universitas Pertamina. Kegiatan – kegiatan dalam unit ini mencakup pendalaman ayat – ayat Alkitab, perayaan hari besar keagamaan hingga konseling dan diskusi penyelesaian masalah mahasiswa menggunakan pendekatan keagamaan.