Teknik Geofisika

Kunjungi Website

Teknik Geofisika adalah ilmu yang mengintegrasikan bidang Geologi, Fisika, Matematika, dan Komputasi guna mempelajari sistem bawah permukaan bumi. Sistem bawah permukaan bumi ini dipelajari melalui pengukuran sifat – sifat fisis bumi. Pengukuran sifat fisis bumi ini melibatkan kegiatan eksperimen di laboratorium, pemodelan komputasional dan teoritis, pencitraan jarak jauh, serta pengamatan langsung.  Keilmuan dan Teknologi Geofisika ini dapat diaplikasikan dalam tiga bidang besar, yaitu: eksplorasi dan produksi sumberdaya energi, mitigasi bencana kebumian, serta penyelesaian masalah rekayasa dan lingkungan.

Tentang Program Studi

Program studi Teknik Geofisika berdiri pada tanggal 1 Februari 2016. Sejak berdirinya, Program Studi Teknik Geofisika telah aktif dalam kegiatan – kegiatan pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, serta pengabdian masyarakat yang fokus pada upaya – upaya peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, serta masyarakat untuk menghadapi tantangan energi nasional.  Hal ini selaras dengan Visi Program Studi Teknik Geofisika yaitu:

“Program Studi Teknik Geofisika yang unggul dan berkontribusi dalam upaya penyelesaian masalah eksplorasi dan produksi sumberdaya energi nasional.”

 

Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, Program Studi Teknik Geofisika merumuskan misi sebagai berikut:

 

  • Mendidik mahasiswa agar unggul dalam kemampuan berpikir, karakter, dan kemampuan teknis
  • Melakukan riset dan terobosan baru dalam keilmuan Geofisika
  • Mengabdi kepada masyarakat secara aktif

Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Kedekatan dengan industri energi, lembaga riset, badan pemerintah, dan organisasi keprofesian yang mendukung penuh proses pendidikan dan penelitian di lingkungan Program studi Teknik Geofisika. Mahasiswa dapat mengamati langsung bagaimana aplikasi ilmu yang mereka pelajari di industri (khususnya PT. Pertamina) dan institusi lainnya.
  • Seluruh tenaga pengajar di lingkungan Program Studi Teknik Geofisika memiliki pengalaman berkarier di industri energi dan institusi akademik sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa.
  • Tugas dan project perkuliahan disusun dan dievaluasi dengan melibatkan para ahli kebumian dari industri serta menggunakan real data dan perangkat sesuai standar industri.
  • Mengedepankan integrasi antar disiplin keilmuan, khususnya Geologi – Teknik Reservoir, dalam capstone project.
  • Laboratorium pendidikan dan penelitian yang dilengkapi dengan peralatan mutakhir dan piranti lunak sesuai standar industri.

Memiliki kerjasama internasional aktif dengan universitas – universitas ternama luar negeri. Contohnya seperti kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan Departemen Petroleum Geoscience Universitas Teknologi Petronas (UTP).

Mata kuliah Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina mencakup sebagai berikut:

Tahun I: Mahasiswa akan mempelajari sains dan matematika yang menjadi landasan untuk mempelajari metode-metode Geofisika. Selain itu, mahasiswa juga diberikan dasar-dasar kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan solutif.

Contoh matakuliah: Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia, Geologi Fisik, Bahasa Inggris, Tata Tulis Karya Ilmiah, Berpikir Kritis, dan Berpikir Solusi Kreatif.

 

Tahun II: Mahasiswa diperkenalkan kepada Matematika Lanjut, dasar-dasar Ilmu Geofisika, komputasi, Geologi, dan engineering yang akan menjadi fondasi untuk metode-metode Geofisika di tahap lanjut.

Contoh matakuliah: Matematika Teknik, Metode Komputasi, Metode Numerik, Gelombang dalam Geofisika, Sedimentologi, Geologi Struktur, dan Teori Potensial

 

Tahun III: Mahasiswa akan mempelajari metode-metode Geofisika seperti, Metode Gaya Berat, Geomagnetik, Geolistrik, Elektromagnetik, dan Seismik beserta aplikasinya dalam Eksplorasi Energi dan Mitigasi Bencana Alam. Mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan pengukuran sifat fisis bumi di lapangan berdasarkan teori yang mereka pelajari di dalam kelas.

Contoh matakuliah: Gaya Berat dan Magnet, Geolistrik dan EM, Akuisisi dan Pengolahan Data Seismik Refleksi, Kuliah Lapangan, Manajemen Proyek Geofisika

 

Tahun IV: Mahasiswa menerapkan dan mengintegrasikan metode-metode Geofisika yang telah dipelajari untuk menyelesaikan sebuah permasalahan nyata yang telah didesain oleh dosen dan praktisi. Mahasiswa diharuskan untuk berintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Pada tahun keempat ini, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan komunikasi serta persiapan memasuki dunia kerja.

Contoh matakuliah: Proyek Terintegrasi Eksplorasi dan Produksi, Teknik Penulisan dan Presentasi Ilmiah, Persiapan Memasuki Dunia Kerja.

Lulusan Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina dapat menjadi ahli Geofisika dalam bidang:

    • Bidang Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi
    • Bidang Geothermal (Panasbumi)
    • Bidang Pertambangan
    • Bidang Hidrologi
    • Bidang Geoteknik & Mitigasi Bencana Alam
    • Bidang Pendidikan & Penelitian Kebumian
    • Bidang Komputasi
    • Bidang Instrumentasi
    • Bidang Pengembangan Wilayah & Lingkungan

Fokus Penelitian

Research Interest Program Studi Teknik Geofisika dapat dikelompokkan dalam bidang – bidang sebagai berikut:

  1. Karakterisasi reservoar
  2. Akuisisi, pemrosesan, dan interpretasi data seismik
  3. Metode Potensial (Gayaberat, Geomagnetik, dan Elektromagnetik)
  4. Geofisika Global
  5. Geofisika Komputasi

Adapun topik penelitian yang saat ini sedang berjalan di Program Studi Teknik Geofisika, di antaranya:

  1. Analisis Fisika Batuan untuk eksplorasi potensi shale gas di cekungan Sumatera Utara, Indonesia (kerjasama dengan PT. Pertamina (persero) dan Lemigas) – Pemenang Hibah Penelitian UPSkilling 2017
  2. Analisis Data Seismik Multi – Komponen untuk Penentuan Model Bawah Permukaan Sekitar Gunung Merapi (Kerjasama dengan BMKG dan ITB) – Pemenang Hibah Penelitian UPSkilling 2018
  3. Akuisisi dan Inversi Seismik Tomografi untuk Pencitraan Reservoir di Bawah Topografi Karst – Pemenang Hibah Penelitian UPSkilling 2018
  4. Aplikasi Pemrosesan Data Seismik berbasis Web dan Cloud
  5. Pencitraan Data Seismik pada Kondisi Geologi yang komplek dan dalam

 

Kegiatan Yang Telah Dilaksanakan

Berikut beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina yang melibatkan industri migas, institusi pemerintahan, serta institusi pendidikan

    • Seminar “Application of Electromagnetics Methods in Natural Hazard Investigation” bersama Prof. Katsumi Hattori dari Department of Earth Sciences, Division of Geosystem and Biosystem Sciences, Chiba University
    • Seminar keprofesian Geofisika “The 21st Century Geophysicist” bersama Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI)
    • Kunjungan ke Kapal Seismik ‘MV Elsa Regent’ sekaligus peresmian proyek akuisisi data seismik 2D (PT. Pertamina Hulu Energi) PHE Abar dan PHE Anggursi
    • Pelatihan pengukuran Vp, Vs, dan Elastics Parameters batuan dari core – plug dengan menggunakan OYO Sonic Viewer bersama Bapak Dr. Bagus Endar dari Institut Teknologi Bandung (ITB)
      • Company Visit ke Indonesia Tsunamy Early Warning System (INA –TEWS) dan Simulasi Gempa Badan Meteorologi dan Klimatologi Indonesia

 

  • Field – trip Mahasiswa ke proyek akuisisi seismik di sekitar Lumpur Sidoarjo Porong dengan menggunakan Vibroseis.
  • Field – trip survey magnetotelluric di kawasan Gunung Gede bersama Pertamina Geothermal Energy (PGE)

 

    • Akuisisi data seismik refraksi di lapangan Panasbumi Lumut Balai, Sumatera Selatan bersama Pertamina Upstream Technology Center (Pertamina – UTC)

Kursus “Subsurface Risking & Decision Analysis in Petroleum Exploration”  bersama Mr. Yazid Mansor, Industry Expert in Petroleum Basin Studies – Faculty of Geoscience & Petroleum Engineering Universiti Teknologi Petronas (UTP)

Daftar Dosen

Ketua Program Studi:

M. Husni M Lubis,ST, M.S.

Dosen:

  1. Prof. Dr. Rer. Nat. Awali Priyono
  2. Sandy K. Suhardja, Ph.D
  3. Agus Abdullah, Ph.D
  4. Dr. Ida Herawati
  5. Dicky Ahmad Zaky, M.T
  6. Iktri Madrinovella, M.Si
  7. Husni M Lubis, M.S.
  8. Arya Singal Bagoes Oka, M.Si
  9. Sari Widyanti, M.En
  10. Waskito Pranowo, M.T

Teknisi Lab:

  1. Hardiyanto Rizky Prabusetyo
  2. M. Heriyanto

Adminsitrasi:

Amalia Suci Dewanti

Contact Appointment