Teaching Seminar bertema Teach with Your Strength menghadirkan pembicara Bapak Ust. Muhammad Ferous (Talents Mapping Practisioner and LeadPro Business Partner)

Teaching Seminar merupakan kegiatan pengembangan kompetensi dosen yang diadakan 3 – 6 kali setiap semester. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2017, setelah satu tahun Universitas Pertamina berdiri, hingga sekarang secara berkala. Teaching Seminar merupakan program yang diselenggarakan oleh Fungsi Pengembangan Pembelajaran, Direktorat Akademik, di bawah Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Kegiatan Teaching Seminar

Pertama kali acara pengembangan kompetensi dosen ini diadakan, memiliki tajuk “Lunch and Learn: Peer Review Dosen.” Acara dilaksanakan pada hari Senin, 6 Maret 2017 di Auditorium Griya Legita Lantai 3 Universitas Pertamina. Penamaan Lunch and Learn sendiri memiliki makna bahwa acara diadakan pada jam makan siang, namun diisi dengan kegiatan belajar sesuatu yang baru dan bermanfaat. Dalam acara ini, Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin seluruh dosen. Hal pertama yang dibahas adalah tentang Peer Review atau Peninjauan Sejawat yang mestinya dilakukan antar dosen minimal satu kali pada setiap perkuliahan di tiap semester, dengan memberikan penilaian dan umpan balik terhadap pengajaran dosen dan diharapkan dapat dimulai pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.

Tema acara yang kedua adalah “Lunch and Learn: Mengajar Efektif” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Maret 2017 di Auditorium Griya Legita Lt. 3. Materi mencakup “Teaching Content and Teaching for Understanding”. Pertama kali Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra mengenalkan Epidemiology of Mislearning yang dicetuskan oleh Lee S. Shulman (psikolog asal Amerika Serikat) yaitu Amnesia (mahasiswa lupa apa yang dipelajari di kelas), Fantasia (kesalahpahaman secara terus-menerus) dan Inertia (mahasiswa mengingat apa yang dipelajari tetapi tidak dapat mengaplikasikan pada tujuan yang berguna)Selain itu, Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra menambahkan tentang contoh hasil kuesioner dosen oleh mahasiswa, kesalahan dosen dalam pengajaran, dan tugas-tugas dosen lainnya terkait pengajaran.

 

Penjelasan Active Learning oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Pada acara yang ketiga, istilah Teaching Seminar pertama kali dikenalkan, dengan tema “Sharing and Learning” dari beberapa dosen. Acara “Sharing and Learning” ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Mei 2017 di Auditorium Griya Legita Lt. 3. Dosen yang memberikan sharing tentang pengajaran antara lain: Muhammad Husni Mubarak Lubis, S.T., MS (Dosen Program Studi Teknik Geofisika), Khabib Khumaini, S.Si., M.Si (Dosen Program Studi Kimia), Frieska Haridha, MA (Dosen Program Studi Hubungan Internasional) dan Nursechafia, S.E., M.Ec (Dosen Program Studi Ekonomi). Pengalaman pengajaran dari dosen-dosen tersebut bervariasi, contohnya seperti memperbanyak soal latihan, atau memberikan diskusi dan mengajak mahasiswa berpikir, memberikan analogi, dsb.

Sharing and Learning oleh Bapak Muhammad Husni Mubarak Lubis, S.T, MS (Dosen Program Studi Teknik Geofisika)

Penjelasan Teknik Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) oleh Bapak bambang Winarta, Ph.D

Rabu, 12 Juli 2017, Fungsi Pengembangan Pembelajaran dan Satuan Penjaminan Mutu Universitas Pertamina memberikan Teaching Seminar tentang “Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)”. Konten RPS yang disampaikan oleh Bapak Bambang Winarta, Ph.D antara lain deskripsi mata kuliah, capaian pembelajaran dan metode penilaian. Metode penilaian sendiri merupakan matriks antara Student Outcomes (SO) dan Course Outcomes (CO).

Materi Teaching Seminar yang diselenggarakan pada hari Senin, 31 Juli 2017 membahas tentang metode pengajaran “Active Learning” yang sebelumnya telah dirancang oleh tim Active Learning dengan ketua Melisa Indriana Putri, S.Ikom, M.Ikom (Dosen Program Studi Komunikasi). Pada materi kali ini dijelaskan tentang alasan mengapa metode pengajaran sebaiknya menggunakan Active Learning, dan berbagai contoh dan cara untuk mengajak mahasiswa aktif di dalam kelas. Dosen lain yang juga sharing pengalaman active learning adalah Evi Siti Sofiyah, Ph.D (Dosen Program Studi Teknik Lingkungan), Raka Sudira Wardana, M.T (Dosen Program Studi Teknik Perminyakan) dan Achmad Kautsar, S.E., M.Si (Dosen Ekonomi).

Universitas Pertamina memiliki dua mata kuliah unggulan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa tahun pertama, yaitu Berpikir Kritis (Critical Thinking) dan Berpikir Solusi Kreatif (Creative Problem Solving). Seluruh dosen pun wajib memiliki pemahaman tentang kedua mata kuliah ini, dan telah diberikan pelatihan sebelumnya sebelum awal Semester Ganjil Tahun 2016/2017 atau sebelum perkuliahan dimulai. Pada hari Rabu, 2 Agustus 2017, beberapa pengajar mata kuliah tersebut memberikan contoh tentang implementasi Critical Thinking (CT) dan Creative Problem Solving (CPS) dalam mata kuliah yang lain. Materi disampaikan oleh Ari Rahman, S.T., M.Eng (Dosen Program Studi Teknik Lingkungan) yang mengimplementasikan pada mata kuliah Mikrobiologi Lingkungan, dan RR. Mirna Astari Magetsari, S.IP., MBA (Dosen Program Studi Manajemen) pada mata kuliah Organizational Behaviour.

Selanjutnya para dosen diminta untuk berdiskusi per program studi, untuk merancang konten implementasi CT dan CPS pada mata kuliah yang dapat disesuaikan (tailored).

Penjelasan Disciplinary System oleh Evi Siti Sofiyah, Ph.D (Direktur Akademik)

 

Setelah penerimaan 29 dosen baru sejak Oktober 2016 hingga Agustus 2017, maka diadakan Teaching Induction untuk memberikan pemahaman kepada dosen baru tentang filosofi mengajar, teknis perkuliahan, sistem informasi akademik, dan penyusunan RPS. Teaching Induction ini pertama kali dilakukan pada hari Selasa, 22 Agustus 2017 di Ruang 2801, Griya Legita Lt.8 Universitas Pertamina. Kegiatan ini pun menjadi kegiatan rutin yang diadakan Fungsi Pengembangan Pembelajaran pada saat penerimaan dosen baru secara berkala.

Daftar Teaching Induction yang pernah diselenggarakan antara lain:

  1. Selasa, 22 Agustus 2017 di Ruang 2801 untuk 29 dosen baru sejak Oktober 2016 – Agustus 2017.
  2. Senin, 9 Juli 2018 di Ruang 2401 dan Kamis, 12 Juli 2018 di Ruang 2201 untuk 24 dosen baru sejak September 2017 – Juli 2018.
  3. Selasa – Rabu, 11 – 12 Desember 2018 di Ruang Arsip Perpustakaan Lt.9 untuk 10 dosen baru sejak Agustus – Desember 2018.
  4. Selasa, 8 Januari 2019 di Auditorium Griya Legita Lt.3 untuk 26 Dosen Tidak Tetap Kalkulus, Agama dan Etika, PKN, Bahasa Inggris) dan 31 dosen baru sejak September 2017 – Januari 2019.
  5. Senin – Selasa, 10 – 11 Juni 2019 di Laboratorium Hubungan Internasional untuk 9 dosen baru sejak Januari – Juni 2019 (dibawah Fakultas Komunikasi dan Diplomasi serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
  6. Senin – Selasa, 5 – 6 Agustus 2019 di Ruang 2802 untuk 20 dosen baru sejak Juli – Agustus 2019.

Universitas PERTAMINA memiliki Dosen Tidak Tetap yang mengajar Mata Kuliah Umum seperti:

  • Bahasa Inggris
  • Tata Tulis Karya Ilmiah
  • Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Agama dan Etika

Sebelum dimulainya perkuliahan semester baru, Fungsi Pengembangan Pembelajaran juga memberikan Teaching Induction kepada Dosen Tidak Tetap terkait filosofi mengajar, teknis perkuliahan, penggunaan sistem informasi akademik, dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester dan Portofolio Perkuliahan. Teaching Induction ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar dan pembelajaran Dosen Tidak Tetap yang mengajar di Universitas Pertamina.

Penjelasan materi Filosofi Mengajar oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Pada Teaching Seminar yang dilaksanakan hari Jumat, 13 Oktober 2017 memiliki tema “Teaching for Conceptual Understanding”. Dalam acara Teaching Seminar ini beberapa dosen menjelaskan bagaimana pengajaran untuk memahamkan konsep kepada mahasiswa, trik dan contohnya. Beberapa dosen yang memberikan sharing antara lain Frieska Haridha, MA (Dosen Program Studi Hubungan Internasional), Dr. Adde Oriza Rio (Dosen Program Studi Komunikasi), Eka Puspitawati, Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi) dan Faddy Ardian,Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi).

Sharing pengajaran dengan Conceptual Understanding oleh Eka Puspitawati, Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi)

Penjelasan materi Constructing Test & Aligning with Course Objectives oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Teaching Seminar dengan materi penyusunan Portofolio Perkuliahan terlebih dahulu disampaikan oleh Ketua Satuan Penjamin Mutu (SPM), Yudi Rahmawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan materi “Constructing Test & Aligning with Course Objectives” oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra. Pada Teaching Seminar kali ini, dijelaskan tentang Taksonomi tujuan pengajaran yang dikeluarkan oleh Benjamin Bloom (1956) yaitu “Remember, Understand, Apply, Analyze, Evaluate, Create”. Dalam materi ini juga disampaikan contoh soal ujian yang menuntut mahasiswa sampai kepada tahapan Taksonomi Bloom tertentu yang diinginkan.

Teaching seminar yang diadakan pada tanggal 8 Maret 2018 merupakan sharing pengalaman dari pemateri Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, Bapak Agus Abdullah, Ph.D (Dosen Teknik Geofisika) dan Ibu Dr. Farah Mulyasari (Dosen Komunikasi). Para pemateri menceritakan tentang jalan kehidupan, achievement dan pembelajaran yang terus dilakukan.

Penjelasan Circle of Life oleh Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc

Penjelasan implementasi Life Long Learning oleh Evi Siti Sofiyah, Ph.D (Direktur Akademik)

Life-long learning merupakan salah satu Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) poin F yaitu “Kemampuan untuk mengenali kebutuhan dan mengamalkan pembelajaran secara independen dan sepanjang hayat pada konteks perubahan teknologi dan sosial yang luas.» Maka pada Teaching Seminar tanggal 14 Mei 2018, sebagai lanjutan dari materi Teaching Seminar sebelumnya, dijelaskan mengenai implementasi Life Long Learning untuk diterapkan pada mata kuliah. Materi ini diberikan oleh Ibu Evi Siti Sofiyah, Ph.D (Manajer Mata Kuliah Universitas), mulai dari konsep dan capaian pembelajaran Life Long Learning, serta implementasi dan kaitan dengan akreditasi.

Portofolio perkuliahan merupakan salah satu dokumen yang disyaratkan pada saat asesmen akreditasi. Para dosen dibekali informasi mengenai teknis penyusunan portofolio perkuliahan yang diantaranya terdiri atas analisis Student Outcomes agar sesuai dengan Visi Misi Universitas Pertamina, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan bukti pendukung yang berkaitan dengan proses perkuliahan setiap semester. Materi diberikan oleh Satuan Penjamin Mutu (SPM) Universitas Pertamina pada tanggal 13 Juli 2018.

Penjelasan materi Penyusunan Portofolio Pekuliahan oleh Ketua Satuan Penjamin Mutu (SPM) Universitas Pertamina, Yudi Rahmawan, Ph.D.

Universitas Pertamina memiliki 3 sks Mata Kuliah Wajib di Tahap Tahun Pertama yang menjadikan kurikulum Universitas Pertamina berbeda dengan kampus lainnya, yaitu Mata Kuliah Berpikir Kritis (1 sks) dan Berpikir Solusi Kreatif (2 sks). Pada tanggal 25 Juli 2018, pelatihan mengenai Creative Problem Solving (CPS) diberikan kepada 31 dosen baru Universitas Pertamina yang bergabung sejak September 2017. Materi disampaikan oleh Tim Pengajar Mata Kuliah Berpikir Solusi Kreatif diantaranya Ayu Dahliyanti, S.T., M.Eng., Alifiana Permata Sari, M.Sc., Ika Dyah Widharyanti, S.T., MS., Gita Kurnia, S.T., M.Sc., Dr.Eng. Ari Rahman, S.T., M.Eng. dan Nurulbaiti Listyendah Zahra, M.T.

Pelatihan Creative Problem Solving oleh Tim Pengajar

Seluruh dosen Universitas Pertamina memiliki mahasiswa yang dibimbing secara akademik, yang juga disebut dengan perwalian. Setiap dosen wali memiliki peran penting dalam memonitor prestasi akademik, juga hal non-akademik mahasiswa. Pada Teaching Seminar 19 Februari 2019, Fungsi Akademik menjelaskan tentang poin-poin wajib yang dilakukan oleh Dosen Wali yang berkaitan dengan perkuliahan mahasiswa. Kemudian materi berikutnya adalah peran dosen wali secara psikologis yang dijelaskan oleh Amy Mardhatillah, Ph.D sebagai Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Beberapa pengetahuan baru dijelaskan seperti bagaimana cara berkomunikasi dengan mahasiswa saat menyampaikan masalah akademik dan non-akademik, definisi psikologi positif dan keterampilan coaching dasar yang perlu dimiliki oleh dosen wali.

Teaching Seminar “Peran Dosen sebagai Dosen Wali” oleh Amy Mardhatillah, Ph.D (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana)

Selain tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat), penulisan karya juga merupakan hal penting yang diciptakan oleh dosen. Pada tanggal 28 Maret 2019 diselenggarakan Teaching Seminar dengan tema “Tips dan Trik Menulis Buku” dengan materi berupa sharing pengalaman oleh Prof. Dr. Dermawan Wibisono (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina) yang telah menerbitkan 19 buku hingga Maret 2019 baik yang berhubungan dengan keilmuan maupun fiksi.

Sharing dari Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng. mengenai “Tips dan Trik Menulis Buku”

Tim dari Wakil Rektor III – Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama juga ikut menyampaikan mengenai insentif yang dapat diperoleh sebagai reward kepada dosen yang melakukan publikasi, baik berupa buku, jurnal, dll. Sebagai penutup, Universitas Pertamina juga mengundang Penerbit Salemba untuk menjelaskan mengenai prosedur pencetakan buku dengan ISBN (International Standard Book Number), royalti untuk penulis dan hal-hal yang lainnya yang berkaitan dengan publikasi buku.

Materi “Brain Based Learning” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra ini cukup membuka wawasan mengenai fungsi otak yang berhubungan terhadap kemampuan manusia dalam menyimpan informasi atau memory. Teaching Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2019 ini dimaksudkan agar Dosen sebagai pendidik memahami keterbatasan durasi penerimaan informasi oleh otak manusia, perlunya pengulangan informasi untuk meningkatkan kapasitas ingatan dan bagaimana sebaiknya desain waktu pembelajaran yang ideal kepada mahasiswa.

Melalui materi ini, dosen yang mengajar 3 sks diwajibkan untuk membagi jam kuliah menjadi 2 sks dan 1 sks (tidak langsung 3 sks dalam satu kali pertemuan), untuk menghindari overloading dan berkurangnya informasi yang diterima oleh mahasiswa.

Materi “Brain Based Learning” disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Secara psikologis, manusia memiliki 34 kategori bakat sesuai dengan Talent Mapping yang dikembangkan oleh Abah Rama Royani. Kategori bakat ini kemudian diperkenalkan kepada dosen, diawali dengan pelaksanaan tes Talent Mapping yang diikuti oleh sebagian dosen sehingga pada saat pelaksanaan Teaching Seminar, dosen dapat memfokuskan pada bakat masing-masing.

Teaching Seminar pada tanggal 11 Juli 2019 ini dipandu oleh Bapak Muhammad Ferous dari Pertamina Foundation, selaku Talent Mapping Expert dari tim Abah Rama. Bapak Ferous menjelaskan satu per satu, kemampuan atau metode apa yang sebaiknya dioptimalkan oleh dosen dalam mengajar, yang sesuai dengan peta bakatnya.

Penjelasan dari Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra mengenai pentingnya Persiapan Awal Semester untuk dilakukan di awal setiap semester.

Setiap program studi diharapkan memiliki waktu untuk diskusi bersama mengenai persiapan yang dilakukan sebelum semester perkuliahan. Teaching Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019 merupakan fasilitas yang diberikan oleh Fungsi Akademik untuk sebagai slot waktu agar seluruh Program Studi serentak melakukan Persiapan Awal Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 secara bersamaan. Output dari Teaching Seminar kali ini adalah ringkasan mengenai rencana perkuliahan setiap dosen, seperti topik perkuliahan, bahan pustaka, metode asesmen, dsb. Ringkasan tersebut (yang kemudian disebut sebagai Formulir Persiapan Awal Semester) merupakan versi lebih singkat dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Contact Appointment