Teaching Seminar bertema Teach with Your Strength menghadirkan pembicara Bapak Ust. Muhammad Ferous (Talents Mapping Practisioner and LeadPro Business Partner)

Teaching Seminar merupakan kegiatan pengembangan kompetensi dosen yang diadakan 3 – 6 kali setiap semester. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2017, setelah satu tahun Universitas Pertamina berdiri, hingga sekarang secara berkala. Teaching Seminar merupakan program yang diselenggarakan oleh Fungsi Pengembangan Pembelajaran, Direktorat Akademik, di bawah Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Kegiatan Teaching Seminar

Pertama kali acara pengembangan kompetensi dosen ini diadakan, memiliki tajuk “Lunch and Learn: Peer Review Dosen.” Acara dilaksanakan pada hari Senin, 6 Maret 2017 di Auditorium Griya Legita Lantai 3 Universitas Pertamina. Penamaan Lunch and Learn sendiri memiliki makna bahwa acara diadakan pada jam makan siang, namun diisi dengan kegiatan belajar sesuatu yang baru dan bermanfaat. Dalam acara ini, Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin seluruh dosen. Hal pertama yang dibahas adalah tentang Peer Review atau Peninjauan Sejawat yang mestinya dilakukan antar dosen minimal satu kali pada setiap perkuliahan di tiap semester, dengan memberikan penilaian dan umpan balik terhadap pengajaran dosen dan diharapkan dapat dimulai pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Tema acara yang kedua adalah “Lunch and Learn: Mengajar Efektif” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Maret 2017 di Auditorium Griya Legita Lt. 3. Materi mencakup “Teaching Content and Teaching for Understanding”. Pertama kali Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra mengenalkan Epidemiology of Mislearning yang dicetuskan oleh Lee S. Shulman (psikolog asal Amerika Serikat) yaitu Amnesia (mahasiswa lupa apa yang dipelajari di kelas), Fantasia (kesalahpahaman secara terus-menerus) dan Inertia (mahasiswa mengingat apa yang dipelajari tetapi tidak dapat mengaplikasikan pada tujuan yang berguna)Selain itu, Bapak Ichsan menambahkan tentang contoh hasil kuesioner dosen oleh mahasiswa, kesalahan dosen dalam pengajaran, dan tugas-tugas dosen lainnya terkait pengajaran.

 

Penjelasan Active Learning oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra 

 

Pada acara yang ketiga, istilah Teaching Seminar pertama kali dikenalkan, dengan tema “Sharing and Learning” dari beberapa dosen. Acara “Sharing and Learning” ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Mei 2017 di Auditorium Griya Legita Lt. 3. Dosen yang memberikan sharing tentang pengajaran antara lain: Muhammad Husni Mubarak Lubis, S.T., MS (Dosen Program Studi Teknik Geofisika), Khabib Khumaini, S.Si., M.Si (Dosen Program Studi Kimia), Frieska Haridha, MA (Dosen Program Studi Hubungan Internasional) dan Nursechafia, S.E., M.Ec (Dosen Program Studi Ekonomi). Pengalaman pengajaran dari dosen-dosen tersebut bervariasi, contohnya seperti memperbanyak soal latihan, atau memberikan diskusi dan mengajak mahasiswa berpikir, memberikan analogi, dsb.

Sharing and Learning oleh Bapak Muhammad Husni Mubarak Lubis, S.T, MS (Dosen Program Studi Teknik Geofisika)

 

Penjelasan Teknik Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) oleh Bapak bambang Winarta, Ph.D

Rabu, 12 Juli 2017, Fungsi Pengembangan Pembelajaran dan Satuan Penjaminan Mutu Universitas Pertamina memberikan Teaching Seminar tentang “Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)”. Konten RPS yang disampaikan oleh Bapak Bambang Winarta, Ph.D antara lain deskripsi mata kuliah, capaian pembelajaran dan metode penilaian. Metode penilaian sendiri merupakan matriks antara Student Outcomes (SO) dan Course Outcomes (CO).

Materi Teaching Seminar yang diselenggarakan pada hari Senin, 31 Juli 2017 membahas tentang metode pengajaran “Active Learning” yang sebelumnya telah dirancang oleh tim Active Learning dengan ketua Melisa Indriana Putri, S.Ikom, M.Ikom (Dosen Program Studi Komunikasi). Pada materi kali ini dijelaskan tentang alasan mengapa metode pengajaran sebaiknya menggunakan Active Learning, dan berbagai contoh dan cara untuk mengajak mahasiswa aktif di dalam kelas. Dosen lain yang juga sharing pengalaman active learning adalah Evi Siti Sofiyah, Ph.D (Dosen Program Studi Teknik Lingkungan), Raka Sudira Wardana, M.T (Dosen Program Studi Teknik Perminyakan) dan Achmad Kautsar, S.E., M.Si (Dosen Ekonomi).

Universitas Pertamina memiliki dua mata kuliah unggulan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa tahun pertama, yaitu Berpikir Kritis (Critical Thinking) dan Berpikir Solusi Kreatif (Creative Problem Solving). Seluruh dosen pun wajib memiliki pemahaman tentang kedua mata kuliah ini, dan telah diberikan pelatihan sebelumnya sebelum awal Semester Ganjil Tahun 2016/2017 atau sebelum perkuliahan dimulai. Pada hari Rabu, 2 Agustus 2017, beberapa pengajar mata kuliah tersebut memberikan contoh tentang implementasi Critical Thinking (CT) dan Creative Problem Solving (CPS) dalam mata kuliah yang lain. Materi disampaikan oleh Ari Rahman, S.T., M.Eng (Dosen Program Studi Teknik Lingkungan) yang mengimplementasikan pada mata kuliah Mikrobiologi Lingkungan, dan RR. Mirna Astari Magetsari, S.IP., MBA (Dosen Program Studi Manajemen) pada mata kuliah Organizational Behaviour.

 Selanjutnya para dosen diminta untuk berdiskusi per program studi, untuk merancang konten implementasi CT dan CPS pada mata kuliah yang dapat disesuaikan (tailored).

Penjelasan tentang web E-Learning Universitas Pertamina oleh Iktri Madrinovella, M.Si (Ass. Man Pengembangan Pembelajaran)

Setelah penerimaan 29 dosen baru delama periode Bulan Oktober 2016 hingga Bulan Agustus 2017, maka diadakan Teaching Induction untuk memberikan pemahaman kepada dosen baru tentang filosofi mengajar, teknis perkuliahan, sistem informasi akademik, dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Teaching Induction ini pertama kali dilakukan pada hari Selasa, 22 Agustus 2017 di Ruang 2801, Gedung Griya Legita Lantai 8 Universitas Pertamina. Kegiatan ini pun menjadi kegiatan rutin yang diadakan Fungsi Pengembangan Pembelajaran pada saat penerimaan dosen baru secara berkala.

Universitas PERTAMINA memiliki Dosen Tidak Tetap yang mengajar Mata Kuliah Umum seperti:

  • Bahasa Inggris
  • Tata Tulis Karya Ilmiah
  • Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Agama dan Etika

Sebelum dimulainya perkuliahan semester baru, Fungsi Pengembangan Pembelajaran juga memberikan Teaching Induction kepada Dosen Tidak Tetap terkait filosofi mengajar, teknis perkuliahan, penggunaan sistem informasi akademik, dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester dan Portofolio Perkuliahan. Teaching Induction ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar dan pembelajaran Dosen Tidak Tetap yang mengajar di Universitas Pertamina.

Penjelasan materi Filosofi Mengajar oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Pada Teaching Seminar yang dilaksanakan hari Jumat, 13 Oktober 2017 memiliki tema “Teaching for Conceptual Understanding”. Dalam acara Teaching Seminar ini beberapa dosen menjelaskan bagaimana pengajaran untuk memahamkan konsep kepada mahasiswa, trik dan contohnya. Beberapa dosen yang memberikan sharing antara lain Frieska Haridha, MA (Dosen Program Studi Hubungan Internasional), Dr. Adde Oriza Rio (Dosen Program Studi Komunikasi), Eka Puspitawati, Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi) dan Faddy Ardian,Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi).

Sharing pengajaran dengan Conceptual Understanding oleh Eka Puspitawati, Ph.D (Dosen Program Studi Ekonomi)

Penjelasan materi Constructing Test & Aligning with Course Objectives oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Teaching Seminar dengan materi penyusunan Portofolio Perkuliahan terlebih dahulu disampaikan oleh Ketua Satuan Penjamin Mutu (SPM), Yudi Rahmawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan materi “Constructing Test & Aligning with Course Objectives” oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra. Pada Teaching Seminar kali ini, dijelaskan tentang Taksonomi tujuan pengajaran yang dikeluarkan oleh Benjamin Bloom (1956) yaitu “Remember, Understand, Apply, Analyze, Evaluate, Create”. Dalam materi ini juga disampaikan contoh soal ujian yang menuntut mahasiswa sampai kepada tahapan Taksonomi Bloom tertentu yang diinginkan.

Teaching Seminar ini membahas tentang pentingnya menanamkan life long learning kepada mahasiswa dan berbagi pengalaman antar sesama dosen bagaimana mereka mengaplikasikan life long learning pada kehidupan mereka.

Penjelasan Circle of Life oleh Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc

Implementasi Pembelajaran Sepanjang Hayat pada Mata Kuliah oleh Evi Siti Sofiyah, Ph.D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada acara Teaching Seminar ini membahas tentang bagaimana cara melakukan implementasi Life Long Learning pada perkuliahan

Contact Appointment