Targetkan 150 Kantong Darah, Universitas Pertamina Bersama dengan Pertamina Corporate University dan Pertamina Simprug Residence Gelar Donor Darah Ke-18

Jakarta – Darah merupakan salah satu komponen utama dalam tubuh manusia yang berfungsi mengalirkan berbagai zat dan oksigen ke seluruh tubuh, mengedarkan hormon, membawa sisa oksidasi, membunuh kuman dan bakteri, serta mengatur suhu tubuh. Mengingat pentingnya fungsi darah bagi tubuh, berbagai upaya medis-pun dilakukan guna menjaga volume dan kualitas darah dalam tubuh mahkluk hidup, terutama manusia.

Transfusi darah menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas darah bagi para pendonor sekaligus dapat membantu menyelamatkan kehidupan manusia yang membutuhkan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada penerima donor namun juga pendonor. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pendonor diantaranya: menjaga kesehatan jantung dan hati, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, dan berbagai manfaat lainnya.

Bekerjasama dengan Universitas Pertamina (UP) dan Pertamina Simprug Residence (PSR), Pertamina Corporate University (PCU) melaksanakan kegiatan donor darah pada hari Kamis 28 Februari 2019 di selasar Gedung Griya Legita Universitas Pertamina. Kegiatan yang dilakukan secara rutin per-tiga bulan tersebut terbuka bagi seluruh pekerja Pertamina di kawasan Simprug dan mahasiswa Universitas Pertamina dengan target 150 kantong darah yang selanjutnya akan dikirim ke Palang Merah Indonesia (PMI).

“Terima kasih kepada seluruh pendonor yang telah menyukseskan kegiatan donor darah rutin hari ini. Ini merupakan donor darah ke-18 yang sudah dilaksanakan oleh PCU bekerjasama dengan UP dan PSR. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa sosial pada sesama, karena satu tetes darah yang disumbangkan akan mampu menyelamatkan banyak jiwa” ujar Mujanih selaku panitia penyelenggara kegiatan donor darah.