SPACE UP 2019 Berikan Solusi Milenial Untuk Energi Unggul

Jakarta—Menyambut HUT Pertamina ke-62 pada tanggal 10 Desember 2019, Universitas Pertamina melalui Unit Kegiatan Kemahasiswaan, Riset dan Karya Ilmiah, mengadakan kompetisi Scientific Paper Competition Universitas Pertamina (SPACE UP) 2019 dengan tema “Diversifikasi Energi untuk Pembangunan Indonesia” pada tanggal 29 November 2019.

Acara SPACE UP 2019 dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra. Dalam sambutannya, Prof Ichsan menyampaikan bahwa pendidikan dan pembelajaran, termasuk penelitian yang berkualitas, memerlukan etos dan etik yang menjaga integritas.

Peserta terdiri dari 42 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Untuk kategori paper competition, sebanyak 91 tim mengirimkan abstak mereka. Kemudian peserta mengirimkan full paper untuk seleksi lebih lanjut. Dari seleksi tersebut, tersisa 38 tim. Setelah melewati masa penjurian, dihasilkan 11 finalis tim yang berasal dari Universitas Pertamina, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UNBRAW), UPN, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Topik-topik karya ilmiah yang dikirimkan para peserta sangat beragam, antara lain tentang energi panas laut, biogas hasil pertanian dan peternakan, pembiayaan dan investasi energi baru terbarukan, biokimia untuk energi, serta panel surya dan energi dari pengolahan sampah.

Selain kompetisi, diselenggarakan pula seminar SPACE UP 2019 “Inovasi Energi untuk Pembangunan Indonesia” dengan mengundang narasumber Kristyadi Winarto dari Research and Technology Center (RTC) PT Pertamina (Persero) dan Dr. Ir. Hariyanto, MT mewakili Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kompetisi SPACE UP 2019 menghasilkan sejumlah pemenang. Pada kategori lomba paper competition, juara pertama diraih oleh tim dari IPB, juara kedua diraih oleh tim dari ITB, dan juara ketiga diraih oleh tim dari UNS. Apapun kategori best paper diraih oleh tim dari IPB dan best presentation diraih oleh tim dari ITB. Untuk pemenang kategori poster ilmiah nasional, juara pertama berhasil diraih oleh tim dari ITB, juara kedua diraih oleh tim dari UGM, dan juara favorit diraih oleh tim dari Universitas Pertamina.

 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, menyampaikan kebanggaannya terhadap terselenggaranya SPACE UP 2019. “PT Pertamina (Persero) bangga mendukung kegiatan ini, karena upaya diversifikasi energi perlu dilanjutkan oleh para mahasiswa yang kelak menjadi penerus bangsa” tuturnya.

Contact Appointment