SmartHIMA: Aplikasi Manajemen Organisasi Masa Kini

Jakarta – Era Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan internet of things menuntut masyarakat untuk dapat menyelaraskan kehidupan dengan berbagai perkembangan teknologi digital. Selain perkembangan teknologi industri dan produksi, revolusi industri 4.0 juga membawa perubahan signifikan terhadap teknologi komunikasi dan informasi.

Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi generasi millennial dan generasi  yang didominasi oleh mahasiswa. Memanfaatkan tren tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina merancang sebuah platform digital bernama SmartHIMA. SmartHIMA merupakan sebuah platform manajemen organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina yang digunakan sebagai sarana penyebaran informasi dan komunikasi.

Peluncuran SmartHIMA dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Februari 2019 di Auditorium Griya Legita, Kampus Universitas Pertamina dan dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Pertamina. Peluncuran SmartHIMA tersebut juga dilaksanakan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-2 Universitas Pertamina yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2019.

Platform SmartHIMA memiliki beberapa keunggulan seperti desain yang interaktif, dapat dioperasikan secara cross platform baik melalui perangkat Android maupun diakses melalui Website, serta menggunakan bahasa pemrograman termutakhir “Kotlin” sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan pada smartphone.

SmartHIMA mampu melakukan manajemen penugasan, dokumen, keuangan, keanggotaan, serta sebagai jalur komunikasi antar anggota di dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina. Dengan berbagai keunggulan tersebut, aplikasi SmartHIMA dapat digunakan oleh seluruh user dengan biaya Rp 2.500,00 setiap bulannya. Aplikasi unlimited storage tersebut kedepannya diharapkan dapat digunakan oleh seluruh himpunan mahasiswa baik di dalam maupun luar Universitas Pertamina.

“Zaman sekarang bukan hanya zamannya perang harga tetapi juga zamannya perang inovasi. Semoga aplikasi SmartHIMA ini mampu menjadi milestone dalam berinovasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut, kegiatan himpunan dapat berlangsung dengan mudah dan meningkatkan efesiensi dalam pelaksanaan tugas di dalam organisasi” ujar Adam Marsono selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pertamina.