Ujian Masuk Universitas Pertamina Periode Maret 2019

Jakarta – Setelah berhasil melaksanakan Ujian Masuk Universitas Pertamina (UMUP) periode Januari Tahun 2019, Universitas Pertamina kembali melaksanakan Ujian Masuk Periode Maret Tahun 2019 pada hari Minggu, 24 Maret 2019. Ujian dilaksanakan serentak di 11 (sebelas) kota besar yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, yakni: Banda Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar.

Pada Ujian Masuk periode Maret 2019, calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk dapat mengajukan beasiswa ekonomi dengan dua tipe yakni pembebasan biaya pendidikan dan potongan biaya pendidikan. Beasiswa ekonomi ini hanya tersedia untuk calon mahasiswa yang mendaftar pada Ujian Masuk periode Januari dan Maret.

Perserta ujian dapat memilih empat dari 15 program studi yang ada di Universitas Pertamina disesuaikan dengan latar belakang pendidikan di SMA/ SMK/ sederajat. Ada tiga jenis kelompok ujian yang bisa dipilih yakni kelompok IPA, IPS dan IPC. Selain latar belakang pendidikan, pemilihan kelompok ujian ini juga disesuaikan dengan pilihan program studi yang diinginkan.

Tercatat 2.229 calon mahasiswa dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri untuk dapat mengikuti Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Maret 2019. Salah satu peserta ujian asal SMA Negeri 1 Dobo, Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Hilari Salamena, mengatakan bahwa ia sangat ingin berkontribusi untuk ketersediaan energi di masa depan dengan menempuh pendidikan di Universitas Pertamina.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaa Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra mengatakan bahwa Universitas Pertamina siap menerima calon mahasiswa untuk dapat dididik dan dibekali pengetahuan serta kemampuan berfikir agar dapat menyokong ketahanan energi masa depan di Indonesia.

“Tidak hanya pengetahuan dan kemampuan berfikir, kami juga menekankan pentingnya membentuk attitude dan behavior para mahasiswa. Sehingga di dunia kerja nanti, mereka tidak hanya menjadi ahli di bidangnya, tetapi juga memiliki sikap dan perilaku yang terpuji.” Ia menambahkan.

Contact Appointment