Rektorat

Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D.

Rektor Universitas Pertamina

Prof. Wiratmaja dilantik secara resmi sebagai Rektor Universitas Pertamina periode 2021-2026 pada 1 Maret 2021. Prof Wirat memiliki jenjang pendidikan dan karir yang gemilang.

Sebagai seorang civitas akademis, Prof. Wirat merupakan Guru Besar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.  Prof. Wirat mendapatkan gelar Sarjana Teknik Mesin di Institut Teknolgi Bandung, gelar Master Science in Engineering Mechanics, University of Kentucky, U.S.A. dan gelar doktornya di University of Kentucky, U.S.A. Ia memfokuskan pada bidang keahlian dan penelitian terkait Energy infrastructure, Design for Surface Facilities in Oil & Gas Industry, Renewable Energy, Design for Geothermal production facilities and power plant, Piping & Pipeline Integrity, Mechanical Integrity, Risk Assessment & RBI, Mechanical Structures, Mechanical Design, Stress Analysis, Solid Mechanics, Advanced Materials.

Hasil dari berbagai penelitian tersebut telah dipresentasikannya di berbagai seminar di dalam dan luar negeri serta dipublikasikan setidaknya dalam 75 jurnal internasional dan nasional, maupun sejumlah media massa.

Prof. Wirat juga pernah berkiprah sebagai Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tahun 2018-2020 dan birokrat senior di Kementerian ESDM sejak 2013 hingga 2020. Pada tahun 2017-2020, Prof. Wirat menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian ESDM, dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, pada tahun 2015-2017.

Kiprahnya di Kementerian ESDM, mengantarkan beliau mendapat penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral UTAMA dari Menteri ESDM di tahun 2020.

M. Roby Hervindo, S.Sos

Sekretaris Universitas Pertamina

Roby Hervindo mengawali karier professionalnya di bidang communication and relation pada industri otomotif. Pada tahun 2010, ia bergabung dengan PT Pertamina (Persero), dan hingga saat ini telah berkiprah disejumlah bidang komunikasi dan relasi, mulai dari Creative & Media Advertising, Manager Communication & Relations MOR II & RU III, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VII, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Universitas – Universitas Pertamina.

Selama berkiprah di PT Pertamina (Persero), ia telah terlibat dalam berbagai program transformasi yang dilakukan perusahaan, seperti program pengembangan tanggung jawab sosial dan lingkungan 4 bidang PT Pertamina diantaranya bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang lingkungan, dan bidang pemberdayaan masyarakat untuk membangun masyarakat yang mandiri; serta membangun dan mengedukasi masyarakat mengenai PT Pertamina (Persero) baik dengan  masyarakat, lembaga pemerintah, maupun stake holder.

Pribadi yang tetap konsisten berkiprah di bidang komunikasi, relasi, dan CSR ini mendapat apresiasi dan penghargaan berupa Pinasthika Award Bronze untuk Digital campaign dan tv commercial; Indonesia Green Award– Pertamina MOR I & MOR VII; Nusantara CSR Award, Pertamina MOR I, dan Territory Coordinate, BUMN Task Force Kepri Province.

Budi W. Soetjipto, Ph.D.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina

Budi W. Soetjipto menyelesaikan pendidikan master dan doktoralnya di Cleveland State University, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat dalam bidang manajemen sumberdaya manusia (minor: manajemen operasi) dan perilaku organisasi (minor: manufacturing). Sedangkan pendidikan sarjananya dengan kekhususan manajemen sumberdaya manusia dan manajemen transportasi, Budi tempuh di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Sejak tahun 1990 hingga saat ini, Budi masih menjadi dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan pernah mengajar matakuliah-matakuliah seperti teori dan perilaku organisasi, manajemen sumberdaya manusia, manajemen perubahan, kepemimpinan, dinamika kelompok, manajemen kinerja, serta negosiasi dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Selain itu, Budi masih menjabat sebagai Chief Editor South East Asia Management Journal dan Human Resource Ambassador for Indonesia di Academy of Management.

Sebelum bergabung di Universitas Pertamina, Budi antara lain pernah menjadi Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Direktur Eksekutif Institut Pengembangan Manajemen Indonesia, Dekan Sampoerna School of Business, Anggota Dewan Pengupahan Nasional dan Komisaris Independen PT Pertamina Geothermal Energy.

Budi juga seorang konsultan di bidang organisasi dan sumberdaya manusia. Diantara perusahaan-perusahaan besar dan instansi pemerintah yang pernah Budi tangani adalah Korps Lalu Lintas Polri, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Mitra Pinasthika Mulia Tbk, PT Freeport Indonesia, Kementerian Tenaga Kerja, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Centra Proteina Prima Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Telkomsel dan Markas Besar Polri. Budi adalah seorang asesor bersertifikasi internasional untuk WorkPlace Big Five Profile yang dikeluarkan oleh Center for Applied Cognitive Studies, Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat.

U. Suryono

Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi Universitas Pertamina

Suryono menamatkan pendidikannya di program sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sebelum menjadi Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi Universitas Pertamina, beliau telah berkarya selama lebih dari 30 tahun di bidang keuangan pada perusahaan asing di sektor upstream industri minyak dan gas. Awal karirnya dimulai pada tahun 1990 sebagai Junior Staff di department Accounting Maxus SES (Amerika), yang kemudian berganti nama menjadi YPF (Argentina), Repsol (Spanyol) dan China National Oil Corporation (CNOOC) SES Ltd di tahun 2002.

Pada tahun 2007, ia memulai posisi managerialnya sebagai Finance Manager di Kodeco Energy Co. Ltd (PCS) & Korea Development Co. Ltd (TAC) hingga tahun 2010. Pada tahun 2010 hingga 2018 ia berkarir di CNOOC dengan posisi terakhir Senior Manager Finance & Accounting.

Terhitung tahun 2018, ia memulai karirnya di PT Pertamina (Persero) sebagai Senior Manager Finance & Accounting Pertamina Hulu Energi OSES hingga 2019. Ia kemudian melanjutkan karirnya sebagai AR Revenue Accouting Manager PHE dari tahun 2019 hingga 2020.

Selama berkarir, Suryono aktif mengikuti berbagai training di bidang keuangan dan akuntansi, barang dan jasa, management leadership, dan bidang keahlian lainnya.

Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, MS

Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina

Prof. Wawan menempuh pendidikan S1 dan S2 di program studi Geofisika, Universitas Gajah Mada (UGM). Ia melanjutkan pendidikan S3 dan Profesi Insinyur, di program studi Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Prof. Wawan tercatat sebagai Guru Besar di Teknik Geofisika ITB, dan merupakan Anggota Ex Officio Senat Akademik ITB. Beliau juga aktif tergabung dalam berbagai organisasi seperti Anggota Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Society of Exploration Geophysics (SEG), Society of Exploration Geophysics of Japan (SEGJ), Environmental and Engineering Society (EEGS), American Association of Petroleum Geologist (AAPJ), dan menjadi Ketua Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) pada Tahun 2004 hingga 2005.

Sebelum menjadi Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Pertamina, beliau menduduki posisi Wakil Rektor Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB periode 2015-2020, dan Wakil Rektor Riset dan Inovasi periode 2010-2014. Dalam hal penelitian, Prof Wawan terlibat dalam berbagai proyek bergengsi, misalnya menjadi Project Director dari Kerjasama Penelitian Internasional antara negara Indonesia, Jepang, dan Norway, menjadi Project Leader dalam kerjasama internasional dengan Kyoto University, Asian Institute of Technology, Chulalongkorn University, Kasetsart University, University of Malaya, dan Vietnam National University.

Selain menerbitkan penelitian di berbagai jurnal ternama, Prof Wawan juga aktif dalam berbagai kegiatan pelatihan baik di dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2019, beliau mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Prof Wawan juga aktif berperan sebagai instruktur pelatihan di berbagai negara seperti di Alzajair, dan Sudan.

Pencapaian gemilang Prof Wawan mengantarkannya menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Presiden Republik Indonesia pada Tahun 2005 dan 2015, dan penghargaan Ganesha Wira Adiutama ITB pada Tahun 2015 dan 2020.

Khusnun Widiyati, S.T., M.Eng., Ph.D

Plt. Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur & Fakultas Teknologi Industri

Khusnun menyelesaikan pendidikan gelar Doktor di Keio University dengan mengambil kebidangan Integrated Design Engineering. Khusnun aktif melakukan berbagai penelitian yang terkait di bidang Product and effective design, Maintenance, Reliability Centered Maintenance, dan Risk Based Inspection.

Dr. Eng. Paramita Jaya Ratri, S.Si., M.Si.

Plt. Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi & Fakultas Sains dan Komputer

Paramita menempuh pendidikan Doktor di Department of Future Industry-oriented Basic Science and MaterialsToyota Technological Institute, Jepang. Paramita aktif melakukan riset terkait Polimer, Struktur kristal, Sifat Mekanik Material, Metode validasi, Penentuan Kadar Obat dalam Plasma Darah, Membran.

Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc

Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Farah menyelesaikan pendidikan doktralnya di Global Environmental Studies, International Environment and Disaster Management, Kyoto University, Jepang. Farah memfokuskan penelitian dan pengajaran di bidang: Urban Disaster Risk Reduction, Risk Communication, Disaster Education, Climate Change, Climate Change Adaptation, Disaster Resilience, Community-Based Disaster Risk Management in Asia and South East Asian Region, Energy Communications, dan Public Engagement for Carbon Capture Storage.

rektor-pertamina
Rektor Universitas Pertamina

Prof. Akhmaloka Ph.D

sekretaris-pertamina
Sekretaris Universitas Pertamina

Ir. Sugiyarto, MBA.

wakilrektor-i-pertamina
Wakil Rektor I Universitas Pertamina

Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

wakilrektor-ii-pertamina
Wakil Rektor II Universitas Pertamina

Simson Panjaitan, MBA.

wakilrektor-iii-pertamina
Wakil Rektor III Universitas Pertamina

Budi W. Soetjipto, Ph.D.

dekanftefsk-pertamina
Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi & Fakultas Sains dan Komputer

Prof. Dr. Rer. Nat. Awali Priyono

dekanfpb-fkt-pertamina
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono M.Eng

dekanfpifti-pertamina
Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur dan Fakultas Teknologi Industri

Prof. Ir. Suprihanto Notodarmojo, Ph.D

Contact Appointment