Sambutan Rektor Universitas Pertamina pada Seminar Universitas Pertamina dan APEKSI “Prospek Ekonomi 2018: Menggali Potensi Daerah”

Yang kami hormati,

Bapak Dr. Muhammad Chatib Basri, Menteri Keuangan Republik Indonesia Periode 2013-2014 dan Ibu Airin Rachmi Diany, SH, MH,Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, yang akan tampil sebagai pembicara utama Seminar Bersama Universitas Pertamina dan APEKSI.

Bapak dan Ibu Walikota anggota APEKSI

Pimpinan Pertamina Foundation

Para Pengelola Universitas Pertamina

Segenap sivitas akademika Universitas Pertamina

Para undangan yang saat ini hadir:

Rekan-Rekan Media dan Pers.

Dan Para Hadirin sekalian yang saya muliakan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat Siang, salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang atas rahmat dan ridha-Nya sehingga pada siang hari yang sangat berbahagia ini kita semua bisa hadir pada acara Seminar Besama Universitas Pertamina dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Auditorium Universitas Pertamina.

Seminar Bersama ini merupakan salah satu bentuk kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia setelah penandatanganan nota kesepahaman pada tanggal 14 September 2017.

Kegiatan seminar ini adalah bagian dari realisasi kerja sama UP dan APEKSI yang mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami berharap akan adanya sinergi yang kuat antara pemerintah, perguruan tinggi, dan industri, di antaranya dalam bentuk inovasi dan R&D.

Sinergi yang baikantara perguruan tinggi dengan pemerintah dan dunia usaha merupakan poin utama untuk menjadi entrepreneurial university. Gasasan entrepreneurial university lahir sebagai jawaban atas tantangan baru yang dihadapi oleh perguruan-perguruan tinggi di mancanegara untukmemberikan kontribusi dalam menjawab masalah persaingan ekonomi global.

Dengan segala keterbatasan, perguruan tinggi tidak mungkinmenanggung sendiri dana untuk riset atau penelitian. Untuk itu dibutuhkan kerja kolaboratif antara pemerintah, perguruan tinggi, dan industri. Di satu sisi, pemerintah dan industri menyediakanprogram dan anggaran, di sisi lain, perguruan tinggi menyediakan SDM untuk melakukan riset dan menghasilkan inovasi.

Para undangan dan hadirinyang saya muliakan,

Visi Universitas Pertamina untuk menjadi World Class University di bidang energi tentu tidak bisa kami wujudkan tanpa kolaborasi yang baik dengan pemerintah dan industri. APEKSI sebagai wadah komunikasi dan kerjasama antar pemerintah kota di Indonesia, kami pandang sebagai mitra strategis yang mampu mewujudkan mimpi besar tersebut.

Kedepannya akan ada banyak kegiatan bersama APEKSI dan Universitas Pertamina yang berpotensi untuk dikembangkan seperti peningkatan kapasitas staf pemerintah kota maupun pengayaan pengalaman dosen dan mahasiswa.

Para undangan dan hadirinyang saya muliakan,

Terkait topik seminar hari ini, pemahaman tentang gambaran prospek ekonomi tahun 2018 sangat penting bagi para akademisi, pengambil kebijakan, dan masyarakat umum untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dan untuk menggali serta meningkatkan potensi yang dimiliki.

Siang hingga sore hari ini kami yakin, dari para pembicara, kita akan semakin mendapatkan kesempatan untuk mendengar pengalaman dan gagasan-gagasan untuk perubahan. Karena itulah pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pembicara yang telah berkenan mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk berbagi pengalaman dan gagasan. Kami berharap seminar ini akan memberikan gambaran tentang prospek ekonomi 2018 dan pada akhirnya kita dapat menggali dan meningkatkan potensi di daerah masing-masing dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi negara.

Rasa bangga dan terima kasih saya sampaikan pula untuk seluruh panitia acara yang telah bekerja keras, sehingga acara Seminar Bersama yang merupakan salah satu bentuk kegiatan perdana dari realisasi kerja sama Universitas Pertamina dan APEKSI yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bisa terlaksana.

Terima kasih tak hingga untuk rekan-rekan media yang selalu mengiringi dan memberitakan dalam rangka menjalankan fungsi informasi, edukasi, dan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat.

Semoga Allah melimpahkan kepada kita semua rasa kepedulian dan kebersamaan yang tinggi serta kekuatan dan kesabaran menjalankan kegiatan dan tugas dalam rangka menyelesaikan persoalan bangsa Indonesia.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Prof. Akhmaloka, Ph.D.

Rektor Universitas Pertamina

Contact Appointment