IMG_2695-01Budi W. Soetjipto, Ph.D.

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina

 

 

Budi W. Soetjipto menyelesaikan pendidikan master dan doktoralnya di Cleveland State University, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat dalam bidang manajemen sumberdaya manusia (minor: manajemen operasi) dan perilaku organisasi (minor: manufacturing). Sedangkan pendidikan sarjananya dengan kekhususan manajemen sumberdaya manusia dan manajemen transportasi, Budi tempuh di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Sejak tahum 1990 hingga saat ini, Budi masih menjadi dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan pernah mengajar matakuliah-matakuliah seperti teori dan perilaku organisasi, manajemen sumberdaya manusia, manajemen perubahan, kepemimpinan, dinamika kelompok, manajemen kinerja, serta negosiasi dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Selain itu, Budi masih menjabat sebagai Chief Editor South East Asia Management Journal dan Human Resource Ambassador for Indonesia di Academy of Management.

Sebelum bergabung di Universitas Pertamina, Budi antara lain pernah menjadi Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Direktur Eksekutif Institut Pengembangan Manajemen Indonesia, Dekan Sampoerna School of Business, Anggota Dewan Pengupahan Nasional dan Komisaris Independen PT Pertamina Geothermal Energy.

Budi juga seorang konsultan di bidang organisasi dan sumberdaya manusia. Diantara perusahaan-perusahaan besar dan instansi pemerintah yang pernah Budi tangani adalah Korps Lalu Lintas Polri, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Mitra Pinasthika Mulia Tbk, PT Freeport Indonesia, Kementerian Tenaga Kerja, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Centra Proteina Prima Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Telkomsel dan Markas Besar Polri. Budi adalah seorang asesor bersertifikasi internasional untuk WorkPlace Big Five Profile yang dikeluarkan oleh Center for Applied Cognitive Studies, Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat.