Simson PanjaitanSimson Panjaitan
Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi

 

Simson Panjaitan menyelesaikan pendidikan sarjana dari Fakultas Hukum, Universitas Gajah Mada, Jogjakarta pada tahun 1988. Lalu meraih gelar Master of Business Administration pada tahun 1995 dari Universitas Dallas, Amerika Serikat. Dia berpengalaman lebih dari 27 tahun di dunia profesional sejak tahun 1989 di industri perminyakan melalui Pertamina mencakup bidang human resources, general affairs, legal advising, risks management dan juga finance baik di bisnis upstream dan downstream.

Dari 2001-2008, dia terlibat sebagai Finance Legal Counsel pada beberapa proyek pendanaan Direktorat Keuangan Pertamina. Beliau juga pernah menjabat sebagai Koordinator Hukum Internal untuk Pertamina yang menangani kasus arbitrase Karaha Bodas, yaitu kasus geothermal Pertamina yang terbesar yang pernah ada saat itu. Dia juga terlibat menangani kasus arbitrase proyek jaringan pipa gas Transjavagas, serta pada penyelesaian beberapa sengketa internasional lainnya, merger dan akuisisi, dan juga menjabat sebagai Manajer Risiko Bisnis.

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur di anak perusahaan Pertamina, Pertamina EP Libya Ltd (PEPL), yang berurusan dengan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di Libya, Afrika Utara dari April 2008-2011. Tanggung jawab utamanya adalah menyelesaikan perselisihan antara Pertamina dan Commerce Asia Emerald Ltd yang terhubung dengan Commerce Bank, salah satu bank utama di Jerman.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Rektor II di Universitas Pertamina,  Simson menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Business Support untuk Pertamina Energy Trading Limited (PETRAL) dan juga untuk Pertamina Energy Services Pte Ltd (PES), yang masing-masing bertempat di Hongkong dan Singapura. Dia telah mentransformasi perusahaan dan mendapat beberapa penghargaan dan pengakuan diantaranya:

  • 2012: 2nd Best Financial & Management Report, APSA (Annual Pertamina Subsidiary Award)
  • 2013: 1st Best Quality Financial & Management Report, APSA
  • 2013: Fastest Financial Report Audited FY 2012: 18 Jan 2013
  • 2014: Doubled, trade of finance facility to USD 5.1 Billion
  • 2014: Fastest Financial Report Audited FY 2013: 17 Jan 2014
  • 2014: Best Company to Work For by HR ASIA Magazine
  • 2011-2014: 650% produktivitas bertambah dalam hal manajemen keuangan internal dan pemasukan lain.