0000001702-IMG_9369Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina

 

Prof. Ichsan Setya Putra turut mengawal visi Universitas Pertamina dengan menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Beliau adalah guru besar kelima Teknik Penerbangan ITB dan pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB, Direktur Pendidikan ITB, dan Ketua Departemen Teknik Penerbangan, FTI ITB.

Sebagai civitas akademis, beliau mendapatkan gelar doktornya di Faculty of Aerospace Engineering Delft University of Technology, Belanda. Beliau aktif melakukan riset dalam bidang fracture mechanics and fatigue. Saat ini, beliau menjadi salah satu direktur FEOFS (Far East & Oceanic Fracture Society).

Ketertarikannya bergabung dengan Universitas Pertamina didasarkan keinginan yang tulus untuk ikut menciptakan perubahan budaya akademis dan sosial yang berguna bagi kehidupan mahasiswa di masa datang.

Bagi murid-muridnya beliau dianggap sebagai dosen teladan dan menginspirasi bagi para dosen lain. Pribadi yang sederhana, meski memiliki gelar profesor, beliau tak suka dipanggil dengan embel-embel “Prof” melainkan cukup dengan sapaan “Pak”. Beliau dikenal disiplin memasukkan daftar nilai akhir mahasiswa setiap akhir semester. Pada saat menjadi Ketua Departemen Teknik Penerbangan, beliau rajin mengirimkan transkrip nilai ke rumah para wali mahasiswa. Hal ini dilakukannya agar wali mahasiswa dapat memantau hasil belajar putra/putrinya.

Disiplin waktu menjadi bagian penting dalam pendidikan yang ditanamkan Universitas Pertamina. Beliau pun percaya bahwa pendidikan bukan hanya soal mendapatkan pengetahuan tapi yang paling penting adalah pembentukan karakter. Menurutnya, nilai A hanyalah bonus, yang menjadi tujuan utama adalah pemahaman mahasiswa. Baginya cara berpikir kritis dan kreatif adalah modal terpenting bagi mahasiswa.

Pribadinya yang menginspirasi membuatnya kerap diundang untuk mengisi pelatihan motivasi bagi para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Beliau telah mengantongi Licenced trainer of 7 Habits of Highly Effective College Students and Licenced trainer of 7 Habits of Highly Effective People. Selain itu, beliau telah menulis buku Strategi Sukses di Kampus, Sukses dengan Softskills, dan Sukses Berlatih Kepemimpinan.