0000001702-IMG_9382Prof Akhmaloka PhD

Rektor Universitas Pertamina

 

Barisan dosen terbaik tentu dipimpin oleh pemimpin yang brilian pula. Prof. Akhmaloka ditunjuk sebagai Rektor Universitas Pertamina dengan visi menjadikan UP sebagai universitas berstandar internasional.

Reputasinya terbukti baik ketika menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2010-2015. Selama masa kepemimpinannya, ia sukses menghasilkan sejumlah kemajuan di universitas ternama di Indonesia itu. Beliau ditunjuk sebagai ketua delegasi RI di sejumlah kegiatan internasional, seperti Joint Working Group France-Indonesia bidang pendidikan di Lille, Perancis, dan studi banding pengembangan mobil listrik nasional di berbagai negara (Tiongkok, Jepang, dll), Komite Inovasi Nasional (KIN).

Tak hanya itu, kiprahnya yang luar biasa di bidang pendidikan mengantarkannya mendapat penghargaan Doctor of Science (Honoris Causa) dari University of Selangor, Malaysia. Beliau telah mendapatkan sejumlah bintang jasa dari Presiden RI dan terpilih sebagai Peneliti Hibah Bersaing Terbaik bidang Bioteknologi.

Sebagai civitas akademis, Beliau mendapatkan gelar Diploma in Biotechnology di International Institute of Biotechnology, Inggris dan gelar doktornya di University of Kent at Canterbury, Inggris dan memfokuskan diri pada bidang penelitian Molecular Biology of Thermophilic Bacteria dan Thermostable Enzyme. Sejak tahun 1992 sampai dengan sekarang, beliau aktif dalam berbagai riset-riset bidang bioteknologi.

Hasil dari berbagai penelitian tersebut telah dipresentasikannya di ratusan seminar di dalam dan luar negeri serta dipublikasikan pada setidaknya dalam 70 jurnal internasional dan buku ilmiah. Sebagai pendidik, beliau telah membimbing dan menghasilkan lulusan setidaknya 35 orang mahasiswa Sarjana, 45 orang mahasiswa Master, dan 25 orang mahasiswa Doktor.

Sosoknya yang pekerja keras dan sederhana menjadikannya seorang teladan. Beliau menaruh perhatian yang sama antara pegawai akademik dan pegawai non akademik. Beliau pun tak segan berdialog dengan himpunan mahasiswa tentang segala permasalahan kemahasiswaan. Di tangannya, Universitas Pertamina yakin dapat menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia maupun dunia.