Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Dermawan Wibisono menyelesaikan pendidikan doktoralnya di University of BradfordInggris pada bulan April2003 di bidang  Corporate Performance Management Systems. Dermawan merupakan penerima beasiswa PhD dari Islamic Development Bankyang pertama dari ITB dan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang melanjutkan studi di universitas tersebutpada bulan November 1999 bersama dengan 20 orang penerima beasiswa dari Negara lain yang diseleksi dari 51 negara anggota organisasi Islam sedunia tersebut.

Sebelum bergabung dengan Universitas Pertamina sebagai Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Dekan Fakultas Komunikasi & Diplomasi, Dermawan memulai karirnya sebagai seorang asisten manajer di Perusahaan National Astra Motor Indonesia pada tahun 1989 hingga 1991. Kemudian Dermawan melanjutkan karirnya sebagai seorang dosen di Jurusan Teknik Industri ITB dari 1991-2003, dan menjadi pendiri bersama dengan 9 dosen ITB lainnya bagi Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB pada Desember 2003 serrta berkarir di sana hingga saat ini. Dermawan juga pernah menjadi visiting professor di Universiti Utara Malaysia, Kedah, Malaysia pada tahun 2013 hingga 2014.

Selain aktif mengajar,melakukan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, Dermawan juga aktif menulis sejumlah paper jurnal, buku dan artikel. Setidaknya sampai saat ini, Dermawan telah mempublikasikan 10 buku teks akademik seperti Mengelola Kinerja Kementerian dan Pemerintahan (Penerbit Andi, 2016), How to Create World Class Company: Panduan Bagi Manajer dan Direktur yang diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2012 (yang kemudian diterbitkan edisi ke 2 nya oleh Penerbit ITB pada tahun 2016), Active Learning with Case Methods(Penerbit Andi, 2014), Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi (Penerbit Andi, 2013) dan berbagai buku teks menarik lainnya.

Pengabdian kepada masyarakat, diantaranya diberikan kepada PT Pertamina (Persero) dengan membantu dalam melakukan perancangan perfomance management systems pada tahun 2014 hingga 2015, menjalin kerjasama antara PT Telkom dengan SBM ITB tahun 2014 dengan memberikan pelatihan kepemimpinan Telkom batch 1 hingga 5 serta menjalin kerjasama antar universitas, di antaranya dengan sejumlah universitas ternama di Tokyo dan Malaysia, dan sebagainya.

Sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah di bidang pendidikan, Dermawan mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI Ir. Joko Widodo pada tahun 2015.