Prof. Ir. Suprihanto, Ph.D

Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur & Fakultas Teknologi Industri

Suprihanto memiliki latar belakang pendidikan dengan menyelesaikan gelar sarjananya di Institut Teknologi Bandung (ITB)padatahun 1979 dan selanjutnyamemperolehgelar magister dan doktornya di School of Environmental and Biological Sciences, Murdoch University, Australia pada 1991. Setelah menyelesaikan doktornya, pria kelahiran Desember 1954 ini dipercaya untuk menjadi Sekertaris di Jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1993 hingga 1994 dan terus menjajaki karirnya hingga menjadi dekan di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan dan selanjutnya menjadi dekan di Fakutas Perencanaan Infrastruktur dan Dekan Teknologi Industri Universitas Pertamina.

Suprihanto juga memiliki sejumlah peranan penting terutama dalam pengembangan laboratorium di ITB seperti menjadi kepala laboratorium fluid mechanics and hydraulic Teknik Lingkungan dan kepala laboratorium Teknik Pengolahan Air (water treatment)di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB pada tahun 2003 hingga tahun 2006.

Sejumlah afiliasi juga diikuti oleh Suprihanto untuk memperluas jaringannya seperti menjadi anggota di Persatuan Insinyur di Indonesia (PII), Japan Society for Promoting Science dan International Water Association (IWA).

Suprihanto juga memiliki sejumlah pengalaman profesional lainnya yang digeluti sejak tahun 1978 dengan menjadi insinyur yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pembangunan sistem penyediaan air bersih bagi masyarakat di beberapakota di Indonesia. Pengalamannya semakin bertambah di tahun-tahun setelahnya dengan menjadi ketua tim di berbagai project yang terkait dengan penyediaan air dan sistem sanitasi di sejumlah wilayah di Indonesia, penasihat senior untuk berbagai kegiatan seperti evaluasi desain dan konstruksi pengawasan perancangan instalasi pengolahan air, perencanaan pipa, saluran air limbah dan drainase dan lain sebagainya.

Selama lima tahun terakhir, Suprihanto terus mengembangkan pengalamannya di bidang reuse &recycle limbah air, penyediaan air bersih, perancangan instalasi pengolahan air.