Pentingnya Transformasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0

Jakarta – Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan masifnya digitalisasi menuntut perusahaan dari berbagai bidang untuk mengubah cara berbisnis mereka. Jika perusahaan tidak melakukan transformasi mengikuti perkembangan zaman, cepat atau lambat perusahaan akan kehilangan pasar. Salah satu perusahaan yang kini tengah melakukan transformasi khususnya dalam bidang digitalisasi adalah Kompas Group.

Sebagai salah satu program studi di Universitas Pertamina yang fokus pada perkembangan digitalisasi teknologi komunikasi dan informasi, Program Studi Ilmu Komunikasi pada hari Senin, 1 April 2019, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk melakukan kunjungan industri ke salah satu anak perusahaan Kompas Group yakni Gramedia Digital Nusantara (GDN), yang berlokasi di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa mendapatkan pemaparan mengenai usaha dan unit usaha yang dilakukan oleh Gramedia Digital Nusantara (GDN), kondisi dunia industri digital saat ini, serta peluang dan tantangan kemajuan industri pada masa kini dan masa depan. Mahasiswa juga berkesampatan untuk melakukan company tour.

Kegiatan ini diharapkan mampu membekali para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dalam menghadapi perkembangan industri yang semakin pesat, khususnya industri komunikasi dan informasi. “Kegiatan kali ini berlangsung seru. Kami mendapatkan banyak insight baru dan ternyata teknologi digital itu tidak semata-mata menghilangkan kebiasaan lama. Jika disinergikan dengan baik, kebiasaan dan kecenderungan sistem kerja yang non-digital dengan sistem kerja digital dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Kita juga dapat mengetahui bagaimana suasana kerja di industri kreatif saat ini.” Ujar Gania Dwirani selaku peserta kunjungan industri.