Seminar UPBringing oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero)

Jakarta – Minyak dan gas bumi (migas) merupakan sumber energi utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai sektor mulai dari transportasi, industri, dan komunikasi sangat bergantung pada ketersediaan cadangan migas baik sebagai bahan bakar untuk proses produksi maupun sebagai komoditas.

Bisnis energi, khususnya migas, telah menjadi penyokong perekonomian negara dalam beberapa dekade terakhir. Tidak hanya menjadi sumber pemasukan negara, sektor migas juga menjadi penopang bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Hal ini dikarenakan sektor migas telah memberikan manfaat bagi sektor-sektor lainnya.

Dalam proses eksplorasi migas, kegiatan pada hulu migas dianggap sebagai kunci utama. Pesatnya peningkatan jumlah populasi dan pembangunan sarana prasarana medorong pemerintah untuk dapat mencukupi kebutuhan energi masyarakat dan mengamankan cadangan energi untuk masa mendatang.

Guna mengenalkan mahasiswa pada pentingnya peran industri hulu migas dalam mendukung ketahanan energi nasional, Direktorat Kemitraan dan Kewirausahaan Universitas Pertamina melaksanakan kegiatan UPbringing dengan menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu, sebagai pembicara. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019, di Auditorium Griya Legita, Universitas Pertamina. Kegiatan dihadiri oleh pimpinan Pertamina Foundation, Rektor Universitas Pertamina beserta para jajarannya dan civitas academica Universitas Pertamina.

Melalui pemaparannya, Dharmawan H. Samsu mengatakan bahwa dalam bisnis migas, kemampuan teknis dan ilmu pengetahuan yang diperoleh secara teoritis di bangku kuliah tidaklah cukup untuk mengatasi berbagai permasalahan pada industri migas di Indonesia. Kemampuan toleransi dan good attitude juga tidak kalah penting

“Saya ingin para mahasiswa dapat berfikir optimistis tentang masa depan energi Indonesia terutama dalam sektor migas. Mereka juga harus menggunakan kesempatan belajar dan bertanya sebanyak-banyaknya, serta memberikan pandangan/ ide mereka sebanyak-banyaknya baik kepada para pengajar maupun kepada rekan sesama mahasiswa untuk melatih kemampuan berfikir dan mengeluarkan pendapat.” Ia menambahkan.

Contact Appointment