Peluncuran dan Bedah Buku Indonesia Inc

Jakarta – Indonesia merupakan negara maritim dengan luas perairan mencapai ⅔ dari total keseluruhan luas negaranya. Luas perairan Indonesia terdiri dari 3,25 juta KM² lautan, dan 2,55 juta KM² Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Hal tersebut dianggap sebagai potensi besar bagi Indonesia untuk dapat memajukan perekonomiannya, salah satunya dengan menjadi Poros Maritim Dunia.

Menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia (PMD) merupakan agenda politik luar negeri Indonesia yang diwujudkan dengan cara memaksimalkan potensi maritim yang dimiliki oleh Indonesia. Untuk membantu menawarkan pilihan konsep geostrategi dalam mencapai tujuan tersebut, Laksamana Muda TNI (Purn.) Untung Suropati, Dr. Ian Montratama, dan Yohanes Sulaiman, Ph.D., menulis sebuah buku berjudul “Indonesia Inc.: Peta Jalan Menuju Poros Maritim Dunia”, yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Laksamana Muda TNI (Purn.) Untung Suropati merupakan Purnawirawan Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut yang saat ini aktif sebagai Tenaga Profesional Bidang Sistem Manajemen Nasional, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI. Sementara, Dr. Ian Montratama adalah seorang akademisi yang saat ini mengajar di Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan Yohanes Sulaiman, Ph.D merupakan seorang dosen yang aktif mengajar di Program Studi Hubungan Internasional Universitas Jendral Achmad Yani. Kolaborasi ketiga penulis tersebut sangat cocok untuk dapat memberikan gambaran peta yang akan membawa Indonesia menuju Poros Maritim Dunia.

Berkesempatan menjadi tuan rumah bagi peluncuran buku tersebut, Sabtu, 16 Maret 2019, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina menghadirkan para pakar di bidangnya untuk memberikan sharing session dan pandangan terkait isi buku tersebut. Para narasumber yang hadir, yaitu: Atmadji Sumarkidjo, Staf Khusus Bidang Politik dan Media, Kementerian Koordinator Bidang Maritim; Dr. Siswo Pramono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK), Kementerian Luar Negeri; Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, Msc., Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS); Alban Sciascia, Ph.D., Peneliti Asian Centre Paris; dan Dr. (C) Asep Setiawan, Head Of Media Research Center, PT. Media Televisi Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Griya Legita, Kompleks Universitas Pertamina, Simprug, dan dihadiri oleh tamu undangan serta civitas academica Universitas Pertamina.

“Buku ini memberikan sumbangsih besar bagi diplomasi Indonesia terutama dalam aspek penyusunan kebijakan luar negeri berbasis kemaritiman.” Ujar Dr. Siswo Pramono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK), Kementerian Luar Negeri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contact Appointment