Nilai Universitas Pertamina

Nilai atau values adalah suatu penuntun, kepercayaan, pengertian, norma, falsafah, dan etika, yang menjadi budaya berpikir serta bertindak di lingkungan Universitas Pertamina. Values yang ada di suatu lingkungan, sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukan pribadi yang berada di dalam lingkungan tersebut. Setiap lingkungan memiliki valuesyang dianut oleh anggota lingkungan, termasuk lingkungan Universitas Pertamina sebagai institusi pendidikan tinggi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan karyawan yang merupakan individu-individu dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

Values Universitas Pertamina adalah sebuah penuntun perilaku serta cerminan kualitas individu yang diyakini dan disepakati bersama untuk meningkatkan kinerja dosen, mahasiswa, dan karyawan. Values Universitas Pertamina bukanlah sekadar “peraturan tertulis”, dasar operasional atau sistematika kerja yang menjadi “kitab suci” Universitas. Tapi lebih dari itu, Values Universitas Pertamina adalah spirit atau jiwa dari Universitas Pertamina.

Lima (5) Nilai yang dijunjung tinggi dan dilaksanakan di lingkungan Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

Lima (5) Nilai Universitas Pertamina

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI SPIRITUALITY:

 

 1. Kualitas BERNIAT UNTUK KEBAIKAN

Tindakan:

  • Saya akan memastikan bahwa setiap perbuatan yang saya lakukan adalah perbuatan yang baik dan menjunjung tinggi kebenaran
  • Saya akan senang berlomba – lomba dalam melakukan kebaikan
  • Saya akan yakin bahwa setiap perbuatan saya akan dimintai pertanggung-jawabannya

 

  1. Kualitas KONSISTEN DALAM KEBAIKAN

Tindakan:

  • Saya akan berlaku baik dan benar di manapun dan kapanpun
  • Saya akan mengajak orang lain untuk sama – sama berbuat baik
  • Saya akan menyibukkan diri dengan hal – hal yang baik dan berguna

 

  1. Kualitas MENJAGA KEDAMAIAN

Tindakan:

  • Saya akan memilih dialog daripada menyelesaikan masalah dengan kekerasan
  • Saya akan menjaga toleransi dengan orang lain yang berbeda keyakinan
  • Saya akan berlaku adil dengan orang – orang yang berbeda keyakinan dengan saya

 

  1. Kualitas PENYAYANG

Tindakan:

  • Saya akan menganggap teman – teman saya sebagai saudara saya sendiri
  • Saya akan berempati dengan orang yang sedang mengalami kesusahan
  • Saya akan berusaha sedapat mungkin meringankan beban penderitaan orang lain

 

  1. Kualitas MAMPU MENGAMBIL PELAJARAN

Tindakan:

  • Saya akan berpikir dahulu sebelum bertindak
  • Saya akan bertindak dengan hati-hati karena setiap perbuatan ada konsekuensinya

Saya akan memperbaiki tindakan saya yang salah

“Integrity without knowledge is weak and useless, and knowledge without integrity is dangerous and dreadful.” (Samuel Johnson)

 

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI INTEGRITAS:

 

  1. Kualitas JUJUR

Tindakan:

  • Saya akan selalu menjadi jujur kepada diri sendiri dan orang lain
  • Saya akan menepati janji
  • Saya akan bertindak benar

 

  1. Kualitas DAPAT DIPERCAYA

Tindakan:

  • Saya akan bertindak konsisten sesuai dengan prinsip
  • Saya akan membela yang benar
  • Saya akan selalu tepat waktu

 

  1. Kualitas ADIL

Tindakan:

  • Saya akan selalu bertindak adil
  • Saya akan memahami hak saya dan menghormati hak orang lain
  • Saya akan berpikir secara matang sebelum bertindak

 

  1. Kualitas MENGHORMATI

Tindakan:

  • Saya akan menghormati orang lain
  • Saya akan menahan segala tindakan pelanggaran dari diri saya dan orang lan
  • Saya akan memperlakukan orang lain dengan sopan

 

  1. Kualitas BERTANGGUNG JAWAB

Tindakan:

  • Saya akan bertanggung jawab dengan setiap pilihan saya
  • Saya akan mengakui kesalahan dan kegagalan

Saya akan bertanggung jawab demi orang lain

“Professionalism is knowing how to do it, when to do it, and doing it” (Frank Tyger)

 

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI PROFESIONALISME:

 

  1. Kualitas DAPAT DIANDALKAN

Tindakan:

  • Saya akan berlaku sesuai dengan segala yang saya katakan
  • Saya akan menjalankan tugas sesuai dengan waktu dan kompetensi terbaik
  • Saya akan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang saya hadapi

 

  1. Kualitas AKUNTABEL

Tindakan:

  • Saya akan menjalankan tugasku dengan hati-hati dan transparan
  • Saya akan memiliki ide bagus untuk menyelesaikan tugasku
  • Saya akan mengambil inisiatif, menjadwalkan, dan memastikan tugasku selesai dengan baik

 

  1. Kualitas MENGONTROL DIRI, ORANG LAIN DAN PEKERJAAN

Tindakan:

  • Saya akan menjadi ahli dalam bidang pekerjaan saya sendiri
  • Saya akan memperlakukan orang lain dengan wibawa
  • Saya akan mengatur orang lain sesuai dengan proporsinya untuk meraih hasil terbaik

 

  1. Kualitas MENGABDI secara TOTALITAS (LOYAL)
  • Saya akan memberikan kemampuan yang terbaik dengan bertanggung jawab
  • Saya akan memprioritaskan kesuksesan tim
  • Saya akan konsisten dalam kebenaran walaupun saya harus berkorban

 

  1. Kualitas FOKUS PADA TUJUAN
  • Saya akan meraih target dengan passion
  • Saya akan mengambil keputusan berdasarkan prioritas
  • Saya akan mengajukan ide untuk memperbaiki rencana yang tidak berjalan lancar

”Excellence is the gradual result of always striving to do better.” (Pat Riley)

 

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI UNGGUL:

 

  1. Kualitas BERUSAHA YANG TERBAIK

Tindakan:

  • Saya akan bertuju pada hasil berkualitas terbaik
  • Saya akan belajar dari yang terbaik
  • Saya akan bekerja keras dan bekerja pintar untuk meraih tujuan

 

  1. Kualitas RAJIN

Tindakan:

  • Saya akan selalu mencari jalan keluar dari situasi yang buruk
  • Saya tidak akan menyerah untuk melakukan yang baik
  • Saya akan terus tumbuh dalam situasi sulit

 

  1. Kualitas MELAKUKAN LEBIH JAUH

Tindakan:

  • Saya akan bekerja melebihi yang diminta
  • Saya akan memberikan nilai lebih untuk setiap hal yang saya lakukan
  • Saya akan fokus meningkatkan kualitas kerja

 

  1. Kualitas BERINOVASI

Tindakan:

  • Saya akan berusaha mencari ide baru dan penerobosan
  • Saya akan mencari solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah
  • Saya akan memimpin perubahan

 

  1. Kualitas MELAKUKAN PERBAIKAN TERUS MENERUS

Tindakan:

  • Saya adalah pembelajar seumur hidup
  • Saya akan memperhatikan kualitas performa saya
  • Saya akan menerima komentar untuk memperbaiki diri

“Global mindset is a set of attributes and characteristics that help global leaders better influence individuals, groups, and organization unlike them self”

(Manousr Javidan)

 

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI BERPIKIR TERBUKA:

 

  1. Kualitas BERDAYA SAING SECARA GLOBAL

Tindakan:

  • Saya akan berusaha untuk lancar berbahasa bahasa asing
  • Saya akan membandingkan pengetahuan saya dengan standar internasional
  • Saya akan selalu memperbaharui pengetahuan saya dengan informasi terbaru

 

Kualitas dari Nilai Berpikir Terbuka yang kedua adalah MENGHARGAI PENGALAMAN BARU

Saya akan menghargai metode baru dan mecobanya

Saya akan menganjurkan orang lain untuk mencoba metode baru

Saya akan membagikan pengalaman baru kepada orang lain

 

 

Kualitas dari Nilai Berpikir Terbuka yang ketiga adalah MENGHARGAI KERAGAMAN

Saya akan terbuka dengan orang lain dari manapun asalnya

Saya akan netral dalam mengambil keputusan dengan adil

Saya akan membuat lingkaran baru dengan orang lain dan menjaga komunikasi

 

 

Kualitas dari Nilai Berpikir Terbuka yang keempat adalah MUDAH BERADAPTASI

Saya akan berusaha berperforma baik di situasi yang menantang

Saya akan mencari kesempatan dalam lingkungan baru

Saya akan belajar  intisari dari adaptasi dalam setiap situasi

 

 

Kualitas dari Nilai Berpikir Terbuka yang kelima adalah PERCAYA DIRI

Saya akan dengan bangga mempresentasikan hasil karya saya dan ide saya

Saya akan menyelesaikan tugas saya dengan kemampuan terbaik yang saya miliki untuk saya berikan pada orang lain

Saya akan percaya diri namun tetap rendah hati

”When you start to develop your powers of empathy and imagination, the whole world opens up to you.” (Susan Sarandon)

 

Kualitas dan Tindakan yang mencerminkan NILAI MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL

 

Kualitas dari Nilai Memiliki Tanggung Jawab Sosial yang pertama adalah EMPATI

Saya akan sadar akan perasaan orang lain

Saya akan mengembangkan indera saya dalam memahami perasaan orang lain

Saya akan memperlakukan orang lain tanpa prasangka

 

 

Kualitas dari Nilai Memiliki Tanggung Jawab Sosial yang kedua adalah PEDULI

Saya akan berpikir dulu sebelum bertindak

Saya akan fokus dalam memelihara hubungan baik

Saya akan mengesampingkan ego saya

 

 

Kualitas dari Nilai Memiliki Tanggung Jawab Sosial yang ketiga adalah TULUS

Saya akan menjadi jujur untuk orang lain

Saya akan menghindari segala sikap bohong, dan kemunafikan

Saya akan melakukan tugas saya dengan hati

 

 

Kualitas dari Nilai Memiliki Tanggung Jawab Sosial yang keempat adalah MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT

Saya akan mendukung orang lain untuk menjadi lebih baik

Saya akan berperan sebagai mentor untuk diri sendiri dan orang lain

Saya akan menjadi bagian dari solusi bukan masalah

 

 

Kualitas dari Nilai Memiliki Tanggung Jawab Sosial yang kelima adalah BERMANFAAT UNTUK MASYARAKAT

Saya akan menjadi proaktif untuk memberi kontribusi lebih bagi orang lain

Saya akan menyebarkan kebaikan untuk orang lain

Saya akan menjadi bagian dari masyarakat