Masa UTS Tak Menyurutkan Mahasiswa Raih Juara Pertama The 45th PIT HAGI Student Competition

Jakarta—Ada kabar bahagia dari tim gabungan mahasiswa Prodi Teknik Geologi dan Teknik Geofisika Universitas Pertamina Angkatan 2017. Tim yang beranggotakan  Erwin Fernanda dari Teknik Geofisika, Tunggul Mirza P. dan Achmad Athoillah dari Teknik Geologi, berhasil meraih Juara Pertama pada ajang The 45th PIT HAGI Student Competition.

The 45th PIT HAGI Student Competition merupakan ajang kompetisi karya ilmiah bagi para mahasiswa Ilmu Kebumian di seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh yang diselenggarakan oleh Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI). Kompetisi tahun ini mengusung tema “Geoscience in Digital Era”, dengan sub tema “Machine Learning, Deep Learning, Cloud Computing, dan Web Apps Development”. Adapun presentasi karya ilmiah diadakan pada tanggal 17 Oktober 2020 melalui platform Zoom Meeting.

Tim dari Universitas Pertamina mengusung judul karya “Liquefaction Susceptibility Map Using Logistic Distribution Algorithm with LPSP (Liquefaction Problem Solving Python) Software: A Case Study in Padang City and Surroundings Area, West Sumatera“. Tim membuat software berbasis machine learning untuk menentukan potensi likuifaksi (bencana alam pencairan tanah) di suatu area. Dari hasil penelitian ini, kami bisa mengetahui distribusi potensi likuifaksi di kota Padang dan sekitarnya. Selain itu, tim juga memiliki rancangan software yang bisa dikembangkan untuk mendeteksi potensi likuifaksi di area lain. Topik tersebut merupakan implementasi dari beberapa mata kuliah yang selama ini anggota tim pelajari di bangku kuliah. Atas gagasan tersebut, tim berhasil meraih Juara Pertama. Juara Kedua dan Ketiga sendiri diraih oleh tim dari Universitas Padjajaran.

“Yang menjadi tantangan adalah ketika tahap final bersamaan berlangsungnya pekan UTS. Namun, alhamdulillah karena tekat dan dukungan yang kuat dari teman-teman, akhirnya kami bisa memenangkan kompetisi ini” tutur Tunggul.

 

//Uha

Contact Appointment