Mahasiswa Universitas Pertamina Tetap Berprestasi Meski Di Tengah UTS

Jakarta-Masa-masa Ujian Tengah Semester (UTS) tidak menyurutkan mahasiswa untuk berprestasi di luar kampus. Kabar baik Universitas Pertamina di bulan Oktober ini datang dari Program Studi (Prodi) Ekonomi dan Prodi Hubungan Internasional. Universitas Pertamina mendapat tiga prestasi nasional. Prestasi mahasiswa tersebut diantaranya lolos pendanaan kompetisi inovasi bisnis mahasiswa (KIBM) dari Kemendikbud tahun 2020, Juara Ketiga pada ajang  Sayembara Karya Tulis DJPK Kemenkeu 2020, dan mahasiswa Universitas Pertamina terpilih sebagai Student Ambassador OCDC NISP ICONX of 2020.

Tim Universitas Pertamina yang beranggotakan Kresna Yudistira, Prodi Ekonomi; Romi Yundo, Prodi Hubungan Internasional; dan Rakha Ari Wibisono, Prodi Hubungan Internasional berhasil mendapatkan pendanaan mendapatkan pendanaan sebesar Rp 15.000.000 pada Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun 2020.

KIBM 2020 adalah salah satu agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional Kemendikbud yang bertujuan untuk membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara akademisi, bisnis dan pemerintah. Program KIBM menitikberatkan pada peningkatan inovasi produk/jasa bisnis mahasiswa. Kegiatan KIBM 2020 meliputi Sosialisasi dan Workshop KIBM, Bantuan dana untuk tim yang lolos, Pendampingan bisnis mahasiswa, Konsultasi Potensi Hak Kekayaan Intelektual, hingga Temu Investor. Sebanyak 272 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia lolos pendanaan dalam kompetisi ini, salah satunya tim mahasiswa Universitas Pertamina. Prestasi ini secara langsung juga dapat meningkatkan softskill mahasiswa Universitas Pertamina dibidang bisnis.

Prestasi kedua adalah Tim dari Prodi Ekonomi angkatan tahun 2019 yang beranggotakan Qori’atul Septiavin, Cintya Khairun Nisa, dan Aura Asyda Larre berhasil meraih Juara Ketiga pada ajang Sayembara Karya Tulis Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan pada tahun 2020.

Awal tim mengikuti lomba ialah karena keperluan tugas matakuliah. Dalam usia perkuliahan yang menginjak tahun kedua, tim merasa kesulitan dalam mengolah data. Namun dalam penyusunan paper, tim dibimbing langsung oleh dosen pengampu mata kuliah perekonomian Indonesia. Atas usaha tersebut, Tim berhasil meraih Juara Ketiga. Juara Pertama sendiri diraih oleh Universitas Indonesia dan Juara Kedua diraih oleh Politeknik STIS.

Prestasi lain mahasiswa Universitas Pertamina datang dari bidang nonakademik. Setelah melewati proses pemberkasan dan wawancara baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, Kresna Yudistira, mahasiswa Prodi Ekonomi berhasil terpilih dari sekian ratus peserta yang mendaftar sebagai Student Ambassador – OCBC NISP ICONIX of 2020.

Tentunya prestasi yang diraih saat ini ialah hasil pembelajaran terdahulu dan dapat menjadi bekal pengalaman ke depannya untuk tiap mahasiswa. Semoga memotivasi teman-teman mahasiswa Universitas Pertamina lainnya untuk tetap berprestasi.

 

//Uha

Contact Appointment