Mahasiswa Universitas Pertamina Tetap Berprestasi Meski Di Tengah UTS

Jakarta—Tim mahasiswa dari Program Studi Kimia Universitas Pertamina berhasil meraih prestasi dalam ajang Tokyo Tech Indonesian Commitment Award (TICA) 2020 kategori Paper Competition yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tokodai.

Tim mahasiswa yang beranggotakan Merci Fortue Y., Andrea Hanna R., dan SyifaFadhillah mengusung judul penelitian “FRUTAPEELS: Novel Biodegradable Plastic Based on Fruit Peels Waste“. Ide tersebut didapat ketika tim melihat Indonesia menghasilkan banyak limbah plastik yang susah didaur ulang dan dapat mencemari lingkungan. Maka tim mencari alternatif bahan yang ramah lingkungan, yaitu membuat plastik dari limbah kulit buah (jeruk, melon, alpukat & pisang). Atas ide tersebut, Ttm berhasil meraih Juara Ketiga. Juara Pertama sender berhasil diraih oleh Intitut Pertanian Bogor dan Juara Kedua diraih oleh Intitut Teknologi Bandung.

“Pandemi COVID-19 tidak membatasi kami untuk berkarya. Jadi kami melalukan eksperimen tersebut di rumah dengan peralatan dan bahan limbah kulit buah yang mudah didapatkan” tutur Merci.

Tim sangat bersyukur dapat lolos ke final dan berhasil meraih Juara Ke-3 dari semua peserta  universitas di seluruh Indonesia. Selain itu, paper tersebut dipublikasikan di “Proceedings of Tokyo Tech Indonesian Commitment Award”.

Meci juga menyampaikan pesan untuk mahasiswa Universitas Pertamina lainnya. “Kami senang dan bersyukur sekali dapat berkarya ditengah keterbatasan. Semoga teman teman mahasiswa di UP juga dapat terus berprestasi” tutupnya.

 

//Uha

Contact Appointment