Mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan Raih Dua Prestasi Di Ajang Petroweek 2020

Jakarta-Kabar bahagia kali ini datang dari Program Studi Teknik Perminyakan. Tim mahasiswa dari Universitas Pertamina berhasil meraih dua juara dalam ajang Kompetisi Nasional Petroweek 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Trisakti. Prestasi tersebut diantaranya  Juara 1 kategori Paper Competition dan Juara 3 kategori MUD Innovation Competition.

Petroweek 2020 adalah ajang nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Society Petroleum Engineers Trisakti University Student Chapter (SPE Trisakti SC). Kompetisi tahun ini mengusung tema “The New Era of Energy: Reinforcing Energy Industry Through Digitalization Transformation”. Tujuannya yaitu mengumpulkan, menyebarluaskan, dan bertukar pengetahuan tentang eksplorasi dan produksi sumber daya minyak dan gas bumi yang berkaitan dengan teknologi untuk kepentingan masyarakat. Beberapa kategori yang dilombakan diantaranya Paper commpetition dan MUD Innovation Competition.

Tim dari Universitas Pertamina berhasil meraih dua prestasi juara.  Prestasi pertama ialah Juara Pertama kategori Paper Competition dengan nama tim “UNRAVEL”, berhasil diraih oleh M. Athallah Naufal, mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan angkatan tahun 2019. Juara kedua dan ketiga sendiri diraih oleh Universitas Trisakti. Prestasi kedua Universitas Pertamina ialah Juara 3 kategori MUD Innovation Competition dengan nama tim “WANG”, berhasil diraih oleh mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan angkatan tahun 2017 yang beranggotakan:  Arsalan Umar, Izza Nafia Pinem, Khairunisa A Harahap, dan M. Ihsanul Amal. Juara Pertama sendiri diraih oleh Institut Teknologi Bandung dan juara kedua diraih oleh Universitas Indonesia.

Mengikuti kompetisi secara daring seperti ini tidak lepas dari kendala jaringan internet. Naufal sendiri sempat mengalami kendala tersebut. “Pada saat sesi tanya jawab, koneksi internet saya mati. Jadi sempat terhambat 5 menit. Untung jurinya masih mau toleransi” tutur Naufal.

Selain itu, ada sensasi kompetisi daring juga dialami oleh tim WANG. “Pengalaman ikut lomba ini sangat berkesan. Kami bisa saling berbagi tugas. Ada yang fokus ke teori, ada yang fokus ke praktikum. Sehingga kerja tim ini melengkapi satu sama lain.” Ujar Umar saat diwawancarai tim Humas.

Pandemi COVID-19 ternyata tidak menyurutkan prestasi para mahasiswa Universitas Pertamina. Semoga prestasi ini memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi sekalipun di tengah pandemi COVID-19.

/Uha

Contact Appointment