LLDIKTI Wilayah III Beri Penghargaan Kepada Perguruan Tinggi Atas Kontribusi dan Inovasi Di Masa Pandemi

Jakarta – LLDIKTI Wilayah III memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada 54 Perguruan Tinggi yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam kegiatan relawan selama pandemi pada Senin, 29 Juni 2020. Acara pemberian penghargaan ini diselenggarakan secara daring dan dihadiri oleh plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D dan para Pimpinan Perguruan Tinggi.

Penghargaaan terbagi dalam 4 kategori yaitu:

  1. Kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19
  2. Kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19
  3. Kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS
  4. Penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.

Dalam sambutannya Prof. Nizam menyampaikan jika selama pandemi banyak Perguruan Tinggi yang telah membuat produk Inovasi seperti Face Shield, termo-camera, hand sanitizer, cairan disinfektan dan lain-lain. Beliau berharap jika Perguruan Tinggi tetap menjadi mata air bagi masyarakat “dengan memberikan energi positif dari kampus, di tengah pandemi ini publikasi dosen juga meningkat yang menandakan kualitas Perguruan Tinggi di saat pandemi Covid-19 juga semakin meningkat.”

Prof. Nizam juga mengucapkan selamat kepada Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan penghargaan di lingkungan LLDIKTI Wilayah III “selamat kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III dan rekan-rekan di lingkungannya dan tetap berupaya mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa.”

Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Perguruan Tinggi di lingkungan kerjanya yang telah bekerja keras dalam melakukan inovasi sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa “syukur alhamdulillah pimpinan-pimpinan Perguruan Tinggi lebih produktif di tengah pandemi Covid-19, dengan dibuktikan inovasi dan publikasi yang dihasilkan. Selamat kepada Perguruan Tinggi yang telah berupaya dalam pencegahan corona virus disease, semoga dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna.”

Universitas Pertamina menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang mendapatkan penghargaan Kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19. Perguruan Tinggi lainnya yang menerima penghargaan kategori serupa ialah Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara, Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta, Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta, Institut Bio Scientia Internasional Indonesia, Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal, Institut Teknologi Calvin, Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta, Institut Teknologi Indonesia, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Esa Unggul, Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Sahid, Universitas Tarumanagara, dan Universitas Trisakti.

Adapun, inovasi Universitas Pertamina selama masa pandemi adalah sebagai berikut:

  1. Memproduksi dan mendistribusikan cairan handsanitizer kepada warga sekitar yang tinggal di lingkungan Kelurahan Grogol Selatan;
  2. Membuat dan menyumbangkan 3 unit wastafel portabel kepada Sudinkes Jakarta Selatan untuk selanjutnya disumbangkan ke Puskesmas dan Rumah Sakit yang membutuhkan;
  3. Menyumbangkan masker kain kepada warga sekitar terutama para pedagang di beberapa pasar;
  4. Memproduksi face shield untuk selanjutnya disumbangkan kepada para tenaga medis;
  5. Menyumbangkan hazmat suit kepada para tenaga medis; dan
  6. Melaksanakan kegiatan webminar bertema Covid-19 untuk mengedukasi publik.

Selain inovasi dan kontribusi kegiatan relawan, 2 Perguruan Tinggi mendapatkan penghargaan tingkat dunia dari QS World atas prestasi yang ditorehkan selama masa pandemi. Bersamaan dengan itu, LLDIKTI Wilayah III juga dengan resmi meluncurkan buku elektronik  yang berisikan kumpulan solusi dan inovasi Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III pada Masa Pandemi Covid-19, dengan judul “Sinergi Perguruan Tinggi Di Tengah Pandemi”.

Sebagai penutup, Prof. Agus Setyo Budi menuturkan hikmah dan pembelajaran yang dapat diambil selama pandemi Covid-19, dimana kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat menjadi prioritas, teknologi informasi yang semakin maksimal dimanfaatkan yang menjadikan aktivitas lebih mudah dan fleksibel, serta Perguruan Tinggi banyak menghasilkan produk-produk inovasi, kolaborasi, dan terbentuknya solidaritas antar manusia yang semakin tinggi dalam kegiatan kerelawanan.

 

Contact Appointment