Lewat Kuliah Umum Universitas Pertamina, Prof Emil Salim Sampaikan Peluang Pemanfaatan Energi dan Keberlangsungan Lingkungan Hidup Indonesia

Jakarta–Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina mengundang Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D sebagai pembicara dalam Kuliah Umum bertopik “Pemanfaatan Energi dan Keberlangsungan Lingkungan Hidup”. Kuliah berlangsung pada tanggal 04 November 2019 di Auditorium Lantai 3 Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina.

Prof. Emil pernah menjadi Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia tahun 1979 – 1993. Kuliah ini dimoderatori oleh Novita Putri Rudiany, M.A selaku dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina.

Prof. Emil menyampaikan bahwa peningkatan energi harus bersamaan dengan peningkatan infrastruktur yang mengedepankan pelayanan energi ramah lingkungan. Salah satu pendekatan untuk mengoptimalkan hal tersebut ialah dengan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan pilar nomor satu yang diusung pemerintah yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas SDM dapat ditingkatkan dengan mengasah pola fikir dan didukung juga oleh kurikulum di bidang pendidikan, terutama kebiasaan membaca. Dibidang lingkungan, dengan fakta bahwa laut jawa sudah hampir tenggelam di tahun 2035, kita seharusnya sebagai bangsa sudah mencari solusi lebih awal. Misalnya mengurangi produksi emisi karbon sehingga permukaan pulau jawa tidak lebih rendah dari permukaan laut.

Suasana kelas Kuliah Umum dengan topik “Pemanfaatan Energi dan keberlansungan Lingkungan Hidup” Senin, 4 Noveber 2019.

Mahasiswa Universitas Pertamina sangat antusias menyimak pemaparan materi kuliah dan pengalaman yang dibagikan Prof. Emil  pada masa menjabat sebagai menteri maupun saat beliau mengenyam pendidikan di masa penjajahan Belanda.

Pemberian plakat Universitas Pertamina diwakilkan oleh Wakil Dekan Fakultas Komunikasi & Diplomasi, Dr. Farah Mulyasari(kiri) kepada Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D (kanan). Senin, 4 Noveber 2019.

Prof. Emil juga berpesan kepada mahasiswa Universitas Pertamina bahwa belajar di Universitas Pertamina adalah sebuah keberuntungan. “Gunakan kesempatan tersebut secara maksimal dan capai puncak ilmu. Karena, dunia masa depan adalah dunia yang dikuasai oleh sains dan teknologi. Dan Indonesia tidak boleh dijajah oleh mereka yang menguasai kedua hal tersebut. Kita punya kemampuan asal ada kemauan. Kuasai sains-teknologi dan jadikan Universitas Pertamina sebagai pelopor kemajuan bangsa dan tanah air kita. Selamat bekerja!” Tutupnya.

*UH

Contact Appointment