Kunjungan Program Hubungan Internasional Ke Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia

Jakarta – Sebagai salah satu institusi yang memiliki kegiatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, perguruan tinggi dituntut untuk terus bertranformasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswanya salah satunya dengan melakukan kunjungan ke berbagai industri atau institusi yang mendukung pembelajaran.  Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa dapat memahami konsep yang dipelajari di kelas dengan keadaan yang ada di dunia kerja. Kunjungan ke berbagai industri atau institusi juga dapat menjadikan mahasiswa mengenal lebih dekat dengan program studi yang diambil.

Pada Senin, 11 Maret 2019 Program Studi Hubungan Internasional melakukan kuliah lapangan mengenai kajian keamanan ke Indonesia Peace and Security Centre (IPSC) atau Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia merupakan sebuah kawasan fasilitas yang menaungi 7 (tujuh) instansi strategis pelatihan dan perkantoran berbagai institusi keamanan, kementrian atau lembaga, baik sipil maupun militer. Program Studi Hubungan Internasional berkesempatan untuk mengunjungi 4 (empat) lokasi yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), dan Universitas Pertahanan.

Dengan adanya kegiatan ekskursi tersebut, Iqbal Ramadhan, M.IP selaku  KaProdi Hubungan Internasional berharap bahwa mahasiswa dapat memiliki gambaran tentang prospek dunia kerja maupun melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.  “Acara ini pada dasarnya utk memperkenalkan prospek dunia kerja bagi lulusan HI. Kebetulan, kami memiliki mata kuliah Diplomasi Pertahanan Indonesia. Sayang apabila mahasiswa hanya belajar di kelas saja tanpa mengetahui seperti apa kegunaan ilmunya,” imbuh Iqbal Ramadhan, M.IP.

Peserta sekaligus Mahasiswi Hubungan Internasional, Rahma juga mengungkapkan bahwa acara kuliah lapangan tersebut sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina, yang memang kami memiliki fokus pada keamanan energi. “Kunjungan kemarin memberikan kami pengalaman dan pengetahuan baru, yang mana IPSC merupakan bukti konkret Indonesia untuk perdamaian dunia,” ujarnya.