Kuliah Umum UPbringing BMKG Berikan Gambaran Pada Mahasiswa Universitas Pertamina Tentang Potensi Gempa di Ibukota

Jakarta-Indonesia teletak pada pertemuan tiga lempengan tektonik dunia. Yaitu lempeng eurasia, lempeng indo-australi, dan lempeng pasifik. Wajar jika Indonesia menjadi salah satu wilayah atau negara paling rawan terhadap becana gempa bumi tektonik yang memiliki dampak lanjutan tsunami. Terlebih lagi, baru-baru ini sering terjadi gempa dibeberapa titik pulau jawa.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Universitas Pertamina menyelenggarakan kuliah umum UPbringing topik “Mengenal Potensi Gempa Bumi di Ibu Kota Negara Indonesia” dengan mengundang pembicara dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yakni Dr. Jaya Murjaya, Perekayasa Ahli Utama Pusat Seismologi Teknik Geofisika dan Tanda Waktu. Kuliah berlangsung pada 7 November 2019 di Auditorium Lantai 3 Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina. ini mengundang.

Dr. Jaya Murjaya sedang menjelaskan materi kuliah umum UPbringing. Kamis, 7 November 2019

Dalam kuliah tersebut, Dr. Jaya menyampaikan bahwa tatanan tektonik Indonesia juga menjadi sumber gempa-gempa tektonik. Dimana yang paling membahayakan terjadi di sepanjang bidang batas lempeng tektonik dan dapat memicu tsunami akibat Megathrust. Megathrust adalah gempa bumi yang terjadi di pertemuan antara flat osianik dengan flat benua yang memanjang. Kedalamannya dangkal namun magnitude nya cukup besar.

Seringnya terjadi gempa di pulau Jawa Indonesia abad ke 17-18, memungkinkan terjadinya ‘periode ulang’ yang akan berimbas pada Jakarta dimana pusatnya tidak diketauhi. Efeknya pada Jakarta ialah kerusakan parah. Terlebih lagi akhir-akhir ini sering terjadi ‘periode ulang’ di pulau jawa. Gempa-gempa tersebut darat harus di perhitungkan para ahli untuk mengantisipasi gempa dengan cara membuat mitigasi atau membuat bangunan tahan gempa.

Kuliah umum juga ini memberi wawasan khususnya untuk mahasiswa Program Studi Teknik Geologi dan Teknik Geofisika dalam mempelajari fenommena-fenomena geologi yang terjadi di Indonesia kini.

Contact Appointment