Kiprah Universitas Pertamina Lewat Pelatihan LaTex untuk Karyawan LAPAN

Bandung–Banyak peneliti terutama mahasiswa dan dosen menggunakan Microsoft Word (Ms Word) dalam menulis karya tulis ilmiah. Ms Word banyak dipilih karena sudah familiar dengan aplikasi tersebut. Sebenarnya, ada alternative lain dalam penulisan karya ilmiah, yaitu menggunakan aplikasi LaTex. Tampilan karya ilmiah yang dibuat menggunakan LaTeX lebih bagus daripada menggunakan Ms Word. Terutama karya ilmiah dengan pendekatan kuantitatif yang banyak berisi angka, symbol, dan persamaan matematik sangat cocok untuk menggunakan LaTeX. Sayangnya, software ini masih jarang dipilih karena tidak tahu cara menggunakan aplikasi tersebut.

Hal ini yang melatarbelakangi Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa “Pelatihan Penggunaan LaTeX Untuk Penulisan Karya Ilmiah” di Kantor Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Bandung pada 11 Oktober 2019. Pembicara pelatihan ini mengundang Muhamad Koyimatu, Ph.D, dosen sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina, dan Ade Irawan, Ph.D, dosen sekaligus Sekretaris Program Studi lmu Komputer Universitas Pertamina.

LaTeX adalah software word processor yang berfungsi untuk membuat dokumen (artikel, buku, poster, presentasi, dan sejenisnya) berdasarkan kode-kode tertentu yang diberikan kepadanya. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. Segala jenis formula matematis dapat dituliskan dengan mudah. Pengolah dokumen ini dapat dijalankan di Linux, Windows ataupun Mac.

Baca Juga:
Pengabdian Kepada Masyarakat: Universitas Pertamina Go-Prove !

Menurut Koyimatu, “Penggunaan Latex lebih disukai karena bentuk formatnya tidak berubah di operating system manapun. Kalau di ms word akan bergantung versi. Bisa jadi dokumen word versi lama akan berbeda format jika dijalankan di word versi baru. Kalau LaTex, kita bisa kerjakan di word processor komputer manapun”.

Peserta Pelatihan Penggunaan LaTeX Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Bandung, 11 Oktober 2019

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah terutama penerbit yang menggunakan template file LaTeX dalam jurnal mereka. Serta memberikan kesempatan kepada karyawan LAPAN untuk berkonsultasi kepada tim dosen Universitas Pertamina mengenai penggunaan LaTeX untuk membuat berbagai jenis dokumen.

“Pelatihan yang diselenggarakan Universitas Pertamina sangat bermanfaat untuk para peneliti dan peneliti rekayasa di LAPAN. Pengetahuan tentang LaTex ini  menjadi tuntunan peneliti rekayasa untuk mempublikasi hasil penelitiannya di jurnal internasional yang dominan merekomendasikan penulisan dalam bentuk LaTex. Dan ini dapat dipenuhi dengan pelatihan ini”. Ujar Habiburrahman, Ketua Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN.

Harapan kedepannya, publikasi internal LAPAN dapat terstandarkan dan akan ada kerjasama dalam bidang kompetensi yang lain.

Contact Appointment