Jajaki Kerjasama Internasional, Universitas Pertamina melakukan Kunjungan ke Sejumlah Perguruan Tinggi di Taiwan

Jakarta – Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berbasis industri dan berorientasi global, Universitas Pertamina terus  berupaya mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi/organisasi/lembaga serta menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan dengan tujuan untuk menjaga keberlanjutan kerjasama dengan para mitra baik dalam lingkup nasional atau internasional.  Guna mendukung rencana tersebut, pada 7 dan 8 Mei 2018, Universitas Pertamina yang diwakili oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama, dan Penelitian, dan Manajer Kerjasama Internasional telah melakukan kunjungan ke sejumlah universitas di Taiwan yaitu Tamkang University, National Chengchi University (NCCU), dan National Taiwan University (NTUST) untuk mengembangkan internasionalisasi universitas dengan tujuan meningkatkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi, serta mendorong mahasiswa untuk siap menghadapi dunia industri secara global.

Adapun kunjungan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut memiliki sejumlah acara, pada hari pertama, perwakilan Universitas Pertamina melakukan kunjungan ke National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan diterima oleh Vice President NTSUT, Prof Meng-Jiy Wang (Dean of Office of International Affairs, dan Prof Shuo-Yan Chou (Distinguished Professor of Industrial Management). Selama kunjungan tersebut, Prof. Meng-Jiy Wang menuturkan kesiapan NTUST untuk menjadi perguruan tinggi yang siap bersaing dengan industri global dengan mengembangkan infrastruktur yang dapat menunjang pembelajaran mahasiswa seperti TBTC (Taiwan Building Technology Center), research for Intelligent and Interactive System, Building Structure and Hazard Prevention, Energy Saving and Storage Techniques, Creative Design and Innovation. Untuk mendukung hal tersebut, Prof. Meng-Jiy Wang juga membuka peluang kerjasama dengan Universitas Pertamina melalu program pertukaran pelajar dan peneliti yang memiliki ketertarikan di bidang Material Science/Chemical Engineering, Industrial Management. 

Di hari kedua lawatan, perwakilan Universitas Pertamina melanjutkan kunjungan ke National Chengchi University (NCCU) dan Tamkang University (TKU). Selama di NCCU, perwakilan Universitas Pertamina disambut dan diterima oleh Prof Shu-Heng Chen (Executive Vice-President). Prof Shu-Heng Chen menyampaikan antusiasmenya mengenai kerjasama antara kedua belah pihak. “NCCU dan Universitas Pertamina yaitu pertukaran mahasiswa antara kedua belah pihak khususnya mahasiswa yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional, partisipasi mahasiswa Universitas Pertamina di Summer School pada 5 Juli hingga 5 Agustus dan kolaborasi lainnya,” ungkapnya.

Di Tamkang University, perwakilan Universitas Pertamina disambut dan diterima oleh Dr. Wan-Chin Tai (Host-Vice
President for International Affairs), Prof. Pei-Wha Chi Lee (Dean Office of International and CrossStrait Affairs), Ms. En-Ju Lin (Secretary, Office of International and Cross Strait Affairs), Ms. Hsiu-Feng Yen (Section Chief, International and Cross-Strait Exchange). Prof. Pei-Wha Chi Lee menyampaikan bahwa peluang kerjasama yang dapat dicanangkan antara kedua belah pihak adalah summer program dengan credit transfer. 

Manajer Kerjasama Internasional Universitas Pertamina, Sari Widyanti menuturkan bahwa penjajakan dengan berbagai perguruan tinggi dilakukan dalam rangka mengembangkan internasionalisasi universitas. “Tujuan dari kunjungan ke sejumlah perguruan tinggi di Taiwan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi, serta mendorong mahasiswa untuk siap menghadapi dunia industri secara global.” (Humas/IMH).