INFORMASI TEMPAT TINGGAL

Daerah Rawa Simprug (Hijau Tua)

Terletak di belakang kampus Universitas Pertamina, berjarak kira-kira 500-900 Meter dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau diakses menggunakan kendaraan bermotor karena ruas jalannya yang memadai untuk dilalui kendaraan. Di kawasan Rawa Simprug merupakan tempat strategis untuk mencari tempat karena menyediakan beberapa opsi tempat hunian berupa kost-kostan maupun kontrakan dengan kisaran harga Rp.700.000 – Rp.2000.000 per bulan, tersedia banyak tempat makan dan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, dengan dengan transportasi umum serta kawasan kampus Universitas Pertamina tentunya. Kehidupan sosial di daerah Rawa Simprug cukup agamis mengingat banyak tersedia tempat ibadah dan sering dilakukannya pengajian di daerah tersebut sehingga aman dan kondusif.

Daerah Kweni (Oranye)

Kawasan Kweni terletak di dekat daerah Kebayoran Lama dengan jarak tempuh 1,5 – 2 KM dari Universitas Pertamina. Dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor maupun berjalan kaki dengan waktu tempuh 20-30 menit melalui jalan Rawa Simprug. Lokasinya berdekatan dengan jalan raya Kebayoran Lama sehingga dapat dengan mudah mengakses kendaraan umum, menemukan berbagai pilihan kuliner, serta tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Di dekat daerah Kweni juga tersedia tempat beribadah dan tempat olah raga, salah satunya seperti tempat futsal.

Daerah Permata Hijau (Hijau Muda)

Daerah Permata Hijau berjarak tempuh 2 – 2,5 KM dari Universitas Pertamina dan dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor karena melalui jalan raya yang cukup luas. Untuk menuju ke sana juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti Busway dengan naik dari Halte Simprug kemudian turun di Halte Permata Hijau di depan ITC Permata Hijau. Daerah Permata Hijau menyediakan berbagai jenis tempat hunian seperti, kost-kostan, kontrakan dan bahkan apartemen, tetapi khusus untuk kost-kostan dan kontrakan biasanya harus masuk lagi ke daerah yang lebih sempit seperti gang-gang sehingga harganya lebih murah karena mulai dari Rp.700.000 per bulan dan lebih mudah diakses oleh kendaraan roda dua. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan ITC Permata Hijau dan Bellezza Shopping Arcade sehingga tidak perlu khawatir untuk mencari makan serta berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Daerah Stasiun Kebayoran (Biru Tua)

Daerah ini merupakan kawasan pemukiman padat penduduk yang banyak sekali terdapat gang-gang kecil yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki dan motor (tidak disarankan untuk mengendarai mobil di daerah sekitar sini). Banyak tersedia kos-kosan maupun kontrakan dengan harga terjangkau. Terletak di lokasi strategis karena kedekatannya dengan stasiun kebayoran dan pasar kebayoran lama. Warung-warung makanan murah (10-15 ribu/porsi), minimarket, Laundry (6-8 ribu/kg), Tempat print, warung internet hingga lapangan futsal sangat mudah ditemukan di kawasan ini. Kampus dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari stasiun kebayoran, selain itu transportasi umum juga terdapat banyak pilihan kopaja dan busway selain jalur commuter line.

Daerah Patal Senayan (Kuning)

Daerah ini merupakan kawasan perumahan sehingga jalan-jalan masih bisa dilewati oleh mobil satu arah. Tersedia banyak rumah besar yang telah berubah fungsi menjadi kos-kosan dengan harga menengah keatas. Terletak di lokasi strategis, belakang dari Stadion Utama Gelora Bung Karno dan berjarak 2.5 km dari kampus Universitas Pertamina. Bisa ditempuh dalam waktu 5 menit dengan kendaraan pribadi/transportasi online atau 30 menit dengan berjalan kaki. Terdapat beberapa warung makanan murah (10-15 ribu/porsi), Indomart, laundry (6-8 ribu/kg), serta masjid utama yaitu Masjid Jami Al Ikhlas yang terletak di tengah-tengah wilayah kos-kosan ini. Jadi lebih mudah untuk solat berjamaah tepat waktu 

Tanah Kusir (Jingga)

Daerah merupakan kawasan pemukiman yang terletak di dekat Mall Gandaria City dan Pondok Indah Mall. Jarak lokasi Tanah Kusir dengan Kawasan Kampus Pertamina Simprug sekitar 4-6 Km. Kawasan ini bisa dijangkau dengan menggunakan busway. Untuk yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil, kawasan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat tinggal. Warung makanan, convenience store, laundry sangat mudah ditemukan disini.

Sekitar Mall Gandaria City (Abu-Abu Tua)

Daerah ini terletak dekat dengan Gandaria Mall City dan beberapa kampus swasta seperti Universitas Satya Negara Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Dr Hamka. Jarak lokasi dengan kawasan kampus Pertamina Simprug sekitar 4-6 km membuat akses cukup mudah, masih dimungkingkan dijangakau dengan mobil. Karena terletak dengan kampus swasta yang lain, daerah ini merupakan kawasan yang cocok sebagai salah satu alternatif tempat tinggal bagi mahasiswa Universitas Pertamina. Terdapat banyak warung PKL, convenience store, maupun kafe dan restoran dengan berbagai macam range harga dan laundry bisa ditemukan dengan mudah disini.

Sekitar Radio Dalam (Biru Muda)

Daerah ini terletak sekitar 4-6 km dari Universitas Pertamina, berdekatan dengan daerah Gandaria dan Tanah Kusir. Terdapat kompleks perumahan menengah ke atas maupun pemukiman padat. Walau padat penduduk, lingkungan relatif nyaman untuk dihuni, hanya saja jalan yang kecil hanya dapat dilewati oleh sepeda motor atau pejalan kaki. Jalan Radio Dalam merupakan kompleks komersil sehingga terdapat banyak toko, tempat makan, dan pusat perbelanjaan.

Kosan Daerah Kebon Jeruk dan Palmerah (Pink)

Banyaknya perkantoran dan lokasi yang sangat strategis membuat jasa kosan di daerah Kebon Jeruk dan Palmerah banyak diminati oleh karyawan dan mahasiswa. Tidak mengherankan jika daerah ini menawarkan berbagai fasilitas kosan mulai dari yang sederhana hingga sekelas hotel berbintang. Selain itu, wilayah ini dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah makan, mini market, angkutan umum, masjid dan lain-lain. Dari sisi fasilitas kendaraan umum, daerah ini pun terbilang cukup mudah diakses oleh mahasiswa menggunakan angkutan umum seperti Mikrolet 09 dan dilanjutkan dengan Mikrolet B17, bis transjakarta atau Metromini 70. Alternatif lainnya dapat menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu perjalanan 15-20 menit.