Jakarta, 16 Februari 2023 - Semakin majunya zaman membuat para pebisnis melakukan berbagai inovasi agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. Kecakapan para pebisnis dalam melihat peluang dan mengolah setiap saran yang masuk menjadi salah satu cara mempertahankan lini bisnis.
Menurut Ron Kaufman yang merupakan seorang motivator bidang pelayanan, bisnis yang hidup adalah bisnis yang memiliki konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen merupakan sebuah kunci dalam menjalankan sebuah bisnis.
Tidak terkecuali dengan sebuah institusi pendidikan. Sebagai sebuah instansi yang bergerak pada bidang profit, maka mempertahankan konsumen adalah hal yang sangat penting. Namun berbeda halnya dengan bisnis lainnya, institusi pendidikan merupakan sebuah bisnis yang akan terus berupaya untuk memiliki konsumen baru.
Dalam gelaran acara UPER Learn pada 10 Februari 2023, dengan tema “Service Excellence”, Siska Utari seorang Customer Service Operational Manager menyampaikan bahwa pelayanan adalah hal utama dalam meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap bisnis. “Sebagai seorang pekerja yang sangat bersentuhan langsung dengan para konsumen, penting rasanya untuk memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, sehingga kita dapat meningkatkan pelayanan bagi para konsumen kita,” ujar Siska.
Melalui UPER Learn, Siska menjelaskan bahwa umumnya konsumen dibagi menjadi empat jenis yaitu; 1) Konsumen Dominan, dimana konsumen ini merupakan seseorang yang sangat sibuk dan cenderung acuh; 2) Konsumen Influential, yaitu konsumen yang memiliki karakteristik aktif dalam berkomunikasi; 3) Konsumen Steady, merupakan karakteristik konsumen yang tertutup dan tidak suka basa basi; dan 4) Konsumen Conscientious, karakteristik konsumen yang sangat mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP).
Sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan, maka perlakuan dari beberapa karakteristik konsumen tersebut juga berbeda. Selain itu menempatkan posisi diri kita pada konsumen menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menangani permasalahan konsumen.