Logo Universitas Pertamina
ID / EN
Berita Kampus

Simak, Cara Mempertahankan Bisnis di Era Pandemi


Published by: Universitas Pertamina Minggu, 5 Desember 2021
Dibaca: 572 kali
Jakarta, 5 Desember 2021 - Sejak tanggal 2 Maret 2020, Covid-19 mulai masuk ke Indonesia yang banyak memakan korban jiwa sehingga  berdampak dan berpengaruh ke segala sektor. Beberapa orang dapat bekerja dirumah , namun tidak sedikit para pekerja maupun pengusaha mengalami dampak yang luar biasa dari pandemi Covid-19. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 mengungkapkan hasil survei yang dilakukan pada 34.559 pelaku usaha.Dampak dari pandemi 82,55 persen pelaku usaha mengalami penurunan. 8 dari 10 perusahaan mengalami penurunan pendapatan.

Di tahun 2021 ini menjadikan pelaku bisnis  harus dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya  berdampingan bersama pandemi. Kemampuan dalam beradaptasi dalam mempertahankan bisnis harus dikuasai bagi pelaku bisnis dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat.

Gufron Syarif sebagai CEO Haus Indonesia membagikan cara untuk mempertahankan bisnisnya di era pandemi dalam webinar Indonesia Economic Review 6.0. Menurut Gufron, pelaku usaha dalam mempertahankan bisnis di era pandemi harus dapat melihat kesempatan dan beradaptasi pada keadaan. “Sebelum itu kita juga harus melakukan riset pasar sehingga setelah melihat kesempatan yang ada kita manfaatkan untuk beradaptasi” Ujarnya dalam webinar bertajuk How to Maintain Business in a Pandemic Era secara daring Sabtu (27/11).

Selama ini produk Haus yang hanya berfokus pada minuman kini mulai berkembang dan bervariasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. “Hal ini tak lepas dari strategi dan cara kita untuk beradaptasi sehingga usaha akan dapat tetap bertahan di era yang seperti ini” pungkasnya

Dalam pemaparannya terdapat beberapa strategi yang dilakukan Gufron Syarif dalam meningkatkan tingkat kualitas produk penjualannya. “Dalam beradaptasi tentu kita perlu melakukan beberapa strategi yaitu dengan cara meningkatkan produk minuman dan makanan ringan, meningkatkan fitur-fitur dalam segi teknologi, menjadikan brand sebagai inspirasi life style bagi generasi muda, menghadirkan toko di berbagai kota dan membuat saluran penjualan yang beragam” paparnya. (LT)

Thumbnail
Bagikan:
Bagikan ke WhatsApp
Bagikan ke Facebook
Bagikan ke X
Bagikan ke Telegram
Bagikan ke LinkedIn

Tinggalkan Balasan
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalan UU ITE

© 2025 Universitas Pertamina.
All rights reserved