Jakarta, 3 November 2022 - Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina menggelar company visi ke PT Tempo Inti Media Tbk pada Selasa (1/11/2022). Kegiatan ini didampingi oleh Dr. H. Mohammad Ichlas El Qudsi, S.Si., M.Si., selaku Kepala Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina, Dr. Wahyudi Marhaen Pratopo Eko Setyamojo., S.IP., M.Si., selaku Sekretaris Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina, dan para Mahasiswa Komunikasi Angkatan 2021 Universitas Pertamina.
Kegiatan company visit ini merupakan sebuah kegiatan dimana para mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana sebuah perusahaan melakukan kegiatan praktikal dalam produksi dan distribusi. Dalam kegiatan ini, Prodi Komunikasi ingin memperkenalkan kepada Mahasiswa Komunikasi Universitas Pertamina bagaimana sebuah perusahaan media melakukan kegiatan produksi dan distribusi berita, serta mengetahui profil atau gambaran dari perusahaan yang dikunjungi.
Pemilihan Media Tempo sebagai perusahaan media yang disambangi pada company visit kali ini bukan tanpa alasan. Menurut Dr. H. Mohammad Ichlas El Qudsi, S.Si., M.Si., Tempo merupakan perusahaan media yang menjadi trendsetter di dalam perkembangan media di Indonesia, khususnya di bidang media cetak.
Selama kegiatan berlangsung, para peserta company visit mendapatkan pembekalan mengenai jurnalistik, dengan membahas perbedaan jenis-jenis berita, mekanisme investigasi, dan diskusi seputar pengalaman di jurnalistik bersama para praktisi jurnalisme. Salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut berpesan kepada para peserta company visit bahwa sebagai seorang jurnalis hendaknya berpegang teguh pada idealisme (seyogyanya jurnalis) dan tetap bersikap skeptis.
“Sebagai seorang jurnalis, harus pertahankan idealisme, dan juga harus skeptis, jangan langsung percaya. Digali terus (informasinya). Ini klise tapi memang begitu kenyataannya,” pungkasnya.
Dr. H. Mohammad Ichlas El Qudsi, S.Si., M.Si., menjelaskan latar belakang dari kegiatan ini adalah upaya pemberdayaan pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan dan melihat secara langsung bagaimana di dalam industri media. Adapun peserta kegiatan company visit ini merupakan Mahasiswa Komunikasi Angkatan 2021 karena para mahasiswa semester 3 ini sedang mempelajari Mata Kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik.
“Company visit adalah adalah bagian dari pemberdayaan pengetahuan yang kita dapatkan di kampus, jadi kita mendapatkan teori-teori secara akademis, kemudian kita lihat praktiknya di dunia industri seperti apa. Jadi para mahasiswa bisa belajar tidak hanya hal-hal yang bersifat akademis tapi juga mempelajari hal-hal perkembangan di dunia industri, dalam hal ini industri media,” tuturnya. [RF]