Kegiatan UPGRADING Universitas Pertamina: Langkah Nyata Ciptakan Hubungan Harmonis Dosen-Mahasiswa
Published by: Universitas Pertamina
Senin, 28 Oktober 2024
Dibaca: 474 kali
Gallup (2023) menunjukkan 74% mahasiswa percaya menjaga hubungan baik dengan dosen dapat meningkatkan motivasi dan prestasi, namun 83% menekankan bahwa pentingnya batasan etis demi profesionalisme dan kepercayaan antara dosen dengan mahasiswa.
Berdasarkan data tersebut, Direktorat Pendidikan UPER menyelenggarakan kegiatan UPGRADING untuk para dosen pada tanggal 9 September 2024 yang berlokasi di Auditorium UPER. Kegiatan UPGRADING ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu dosen dalam berinteraksi secara hangat dengan mahasiswa tanpa mengesampingkan etika akademik Universitas Pertamina.
Kegiatan dibuka oleh Teuku Muhammad Roffi, S.T., M.Eng., Ph.D. Direktur Pendidikan Universitas Pertamina. Teuku berharap para dosen dapat membawa pulang ilmu dan menerapkannya dalam kegiatan perkuliahan.
“Hasil dari UPGRADING ini semoga dapat menjadikan bapak dan ibu menjadi dosen yang bersahabat dengan mahasiswa. Namun, tetap berpegang teguh pada etika. Harapan saya, ilmu yang diberikan dalam kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan perkuliahan nantinya,” terang Teuku.
Kasus yang melibatkan pelecehan dosen dan mahasiswa cukup sering terjadi, ini menjadi hal ini menjadi fokus dalam kegiatan UPGRADING kali ini bahwa kedekatan dosen dan mahasiswa harus tetap sesuai etika.
Prof. Dr. Juneman Abraham S.Psi., M.Si. selaku Guru Besar bidang Psikologi sekaligus Wakil Rektor bidang Riset dan Transfer Teknologi BINUS University memberikan materi dan menyatakan bahwa dosen tak hanya dituntut mengetahui pengetahuan yang mendalam, namun harus akrab dengan mahasiswa.
“Sebagai dosen millenial, kita dituntut untuk menularkan pengetahuan kepada mahasiswa. Disamping itu, dosen juga harus memperhatikan kondisi mental mahasiswa dan berusaha dekat dengan mahasiswa, tentunya dengan mematuhi etika sebagai dosen dan mahasiswa,” ungkap Prof. Dr. Juneman.
Upgrading ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kualitas interaksi dosen dan mahasiswa. Dengan lebih mendekatkan diri kepada mahasiswa, dosen diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kolaboratif, tanpa melupakan etika profesional. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi landasan terciptanya lingkungan akademik yang harmonis dan beretika. [AR]
Bagikan:
Bagikan ke WhatsApp
Bagikan ke Facebook
Bagikan ke X
Bagikan ke Telegram
Bagikan ke LinkedIn
Tinggalkan Balasan
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalan UU ITE