Jakarta, 2 Agustus 2022 - Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina melalui AIChE Student Chapter Universitas Pertamina sukses menggelar webinar Chem.Paign 1.0 sesi ke-2 pada Sabtu (30/7).
Webinar ini diisi oleh narasumber Ollyvia Yanuar. Narasumber yang akrab disapa Ollyvia, saat ini bekerja sebagai Head of Human Resources Management di PT Bussan Auto Finance (BAF).
Ollyvia juga pernah menjadi Department Head of Talent Acquisition and Business Partner di PT Bussan Auto Finance (2018-2021) dan Assistant Manager-Human Resources Business Partner di PT CHUBB LIFE INSURANCE INDONESIA (2015). Dapat dilihat bahwa pengalaman Ollyvia sangat berkaitan erat dengan materi webinar HR Talk ini.
Setelah menempuh pendidikan di dunia perkuliahan kita semua akan dihadapkan dengan dunia yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. Hampir semua orang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama untuk mendapatkan pekerjaan, karena banyaknya pesaing di luar sana yang lebih kompeten. Melalui webinar inilah Ollyvia Yanuar akan memberikan tips dan trik untuk memenang proses perekrutan pegawai dengan mempersiapkan Curriculum Vitae dan wawancara yang baik.
"Pada saat proses perekrutan pegawai, yang dilakukan oleh HRD yaitu pertama, melihat sumber kandidat, dapat melalui internet, media sosial, dan linked in. Kedua, pemeriksaan kandidat. Ketiga, melakukan wawancara dan penilaian kandidat. Keempat, pemeriksaaan latar belakang kandidat. Kelima, negosiasi dan penawaran. Dan keenam, on-boarding atau diterima kerja", ujar Ollyvia.
Ollyvia melanjutkan, untuk bisa sampai pada tahap wawancara, kita perlu mempersiapkan Curriculum Vitae (CV) dengan sangat baik. Ketika tiba pada tahap wawancara, maka persiapan pun lebih banyak lagi.
CV merupakan dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka untuk melamar pekerjaan. CV diperlukan untuk melamar posisi di area dimana pengetahuan atau keahlian khusus seseorang diperlukan. CV menjadi tombak utama untuk seorang HRD tertarik kepada pelamar kerja.
Umumnya CV terdiri dari kontak informasi profil pribadi secara singkat, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, sertifikasi, asosiasi, bahasa, pelatihan, konferensi, publikasi, dan penghargaan. Selain itu, CV terdiri atas dua bagian yaitu, CV formal dan CV non-formal. CV formal lebih menekankan pada tulisan yang rapi dengan penggunaan format ATS (Applicant, Tracking, dan System). Sedangkan CV non-formal lebih berwarna dan kompleks. CV formal maupun non-formal dapat digunakan, tergantung perusahaan tempat bekerja yang dituju dan sesuai kualifikasi yang diminta perusahaan.
"Website yang bisa digunakan untuk membuat CV yaitu Canva, CV visual, Resume.io, dan masih banyak lagi", ujar Ollyvia.
Selain mempersiapkan CV dalam proses perekrutan kerja, kita juga perlu mempersiapkan proses wawancara. Wawancara kerja merupakan wawancara yang terdiri dari percakapan antara pelamar pekerjaan dan perwakilan dari pemberi kerja yang dilakukan untuk menilai, apakah pelamar harus dikerjakan atau tidak.
Berikut cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara Ollyvia ;
1. Tinjau deskripsi pekerjaan yang dituju.
2. Riset tentang perusahan.
3. Melatih suara bicara dan bahasa tubuh.
4. Pilih lokasi yang sesuai, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti komputer jinjing atau gawai, pastikan internet stabil, ruangan kondusif, fan pencahayaan dan posisi tubuh sesuai (untuk wawancara daring).
5. Dan gunakan pakaian yang sopan dan formal maupun semi formal sesuai ketentuan perusahaan.
Selain itu, Ollyvia juga memberikan tips wawancara, seperti berikut ;
1. Berjabat tangan dengan kuat (jangan berlebihan).
2. Melakukan kontak mata dengan pewawancara.
3. Gunakan intonasi suara yang baik untuk menjawab pertanyaan
4. Perhatikan bahasa tubuh Anda.
5. Melakukan kontak mata saat Anda mengartikulasikan poin Anda.
6. Perhatikan setiap kalimat atau pertanyaan pewawancara.
7. Jangan sungkan untuk bertanya jika tidak mengerti pertanyaan dari pewawancara.
Ada waktu dimana pelamar kerja sulit atau terjebak dengan pertanyaan yang diajukan pewawancara. Di penghujung acara webinar ini, Ollyvia memberikan tips bagaimana menjawab pertanyaan wawancara yang baik.
Ollyvia mengatakan, aplikasikan metode STAR dalam menjawab pertanyaan wawancara. S(Situation), menjelaskan peristiwa atau situasi yang dialami. T(Task),yaitu jelaskan tugas yang harus Anda selesaikan. A(Action), yaitu jelaskan tindakan spesifik yang Anda ambil untuk menyelesaikan tugas, dan R(Result), yaitu jelaskan hasil yang diperoleh dari tindakan yang Anda lakukan. [NA].